Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk mengembangkan tingkat berpikir dan meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI MA Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang / Fery Sulistiyaningsih

Main Author: Sulistiyaningsih, Fery
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/24688/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanobservasiawaldiMAAl-HidayahDonowarihMalangdiketahuitingkatberpikirdanhasilbelajarsiswakelasXImasihrelatifrendah.Tingkatberpikirsiswadapatdilihatdaripertanyaansiswayangmasihtergolongtingkatrendah.DataawalberdasarkanskorUjianAkhirSemestermasihrendahyaknisebesar588%.Tingkatberpikirdanhasilbelajaryangmasihrendahinidisebabkanolehmetodepembelajaranyangditerapkanmasihmenggunakanmetodeceramahdankurangadanyavariasidalampembelajaran.PadabeberapapenelitiansebelumnyayaknipenelitianyangdilakukanolehSutiyani(2008)danUtami(2007)diperolehbahwapenerapanpembelajaranmodeljigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitianyangdilakukanolehUmaroh(2005)menunjukkanbahwapenerapanpembelajaranmodeljigsawdapatmeningkatkankemampuanberpikirsiswa.Keunggulanpembelajarankooperatifmodeljigsawmeningkatkanrasatanggungjawabsiswaterhadappembelajarannyasendiridanjugapembelajaranoranglain.Modelpembelajaranjigsawmerupakansalahsatumodelyangdapatdigunakanuntukmengembangkantingkatberpikirdanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Tujuandalampenelitianiniadalahuntuk1)mengembangkantingkatberpikirsiswadan2)meningkatkanhasilbelajarBiologisiswa.JenisPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari2siklusdengansubyekpenelitianadalahsiswakelasXIMAAl-HidayahDonowarihKarangplosoMalangdanpokokbahasanSistemPencernaanpadaManusia.Penelitianinibertujuanuntuk1)mengembangkantingkatberpikirsiswadenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelJigsawdan2)meningkatkanhasilbelajarsiswadenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelJigsaw.HasilpenelitianmenunjukkanpenerapanpembelajarankooperatifmodelJigsawdapat1)mengembangkantingkatberpikirsiswadarisiklusIkesiklusIIdimanapadasiklusIsiswamasihbelumterbiasadenganmodelJigsawsehinggapertanyaan-pertanyaanyangmunculmasihsedikitnamunpadasiklusIIsiswasudahterbiasadenganmodelpembelajaranyangditerapkanyakniditunjukkandenganbanyaknyapertanyaansiswayangtermasuktingkatberpikirtinggidan2)meningkatkanhasilbelajarBiologisiswa.DatahasilbelajarBiologisiswayangdiambildarihasilUAStessiklusIdantessiklusIImenunjukkanpeningkatanyaknipadadataawaldiperolehpersentasehasilbelajarsebesar588%danpadasiklusImeningkatmenjadi2353%.PadasiklusIIpersentasehasilberpikirmeningkatmenjadi8235%.PenerapanpembelajarankooperatifmodelJigsawdapatmengembangkantingkatberpikirdanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.DenganpembelajaranmodelJigsawtingkatberpikirsiswamenjadiberkembangdanhasilbelajarsiswajugameningkat.Guruhendaknyajugaharuslebihkreatifdalammenggunakanmodeldanmediapembelajaranyangvariatif.