Penerapan pengajaran kelompok kecil dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan motivasi belajar siswa kelas X MA Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang pada mata pelajaran biologi / Diah Kurnia Lestari
Main Author: | Lestari, Diah Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24687/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLestariDiahKurnia.2009.PenerapanPengajaranKelompokKecildalamMeningkatkanKemampuanBerpikirdanMotivasiBelajarSiswaKelasXMAAl-HidayahDonowarihKarangplosoMalangpadaMataPelajaranBiologi.Skripsi.JurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HadiMargonoM.A(II)Dra.SusilowatiM.SKatakuncikemampuanberpikirsiswamotivasisiswaPengajaranKelompokKecilBerdasarkanobservasiawaldiMAAl-HidayahDonowarihKarangplosoMalangdiketahuibahwamotivasibelajardankemampuanberpikirsiswamasihkurang.HalinidapatdilihatdarimasihbanyaknyasiswayangramaimembicarakanhaldiluarmateripembelajarandanrendahnyatingkatankognitifpertanyaansiswasaatpembelajaranyanghanyameliputiC1(pengetahuan)danC2(penerapan).ModelpembelajaranyangdapatditerapkanuntuklebihdapatmengaktifkansiswasalahsatunyaadalahdenganPengajaranKelompokKecil.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirsiswadanmotivasibelajarsiswaMAAlHidayahDonowarihkarangplosoMalangpadamatamelajaranBiologikelasXdenganpengajarankelompokkecil.JenisPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari3siklusdengansubyekpenelitianadalahsiswakelasXMAAl-HidayahDonowarih.JumlahsiswakelasXMAAl-Hidayahsebanyak31siswadenganrincian9siswalaki-lakidan23siswaperempuandenganmateripencemaran.Kelasdibagimenjadi8kelompokdenganmasing-masingkelompokterdiridari4orangsiswa.Pengajarandilaksanakandenganpolaklasikal-kelompokkecil-klasikal.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpengajarankelompokkecildapatmeningkatkankemampuanberpikirsiswajikaa)komponenkepekaanguruterlaksanadengandemikiangurudapatmerangsangrasaingintahusiswab)pertanyaantuntunanpadaLKDmudahdimengertiolehsiswasehinggadapatmengarahkankemampuanberpikirsiswakearahtingkatankognitifyangingindicapai.Pengajarankelompokkeciljugadapatmeningkatkanaspekmotivasibelajarjikaa)komponenkepekaanguruterlaksanasehinggadapatmemotivasisiswanyayangkurangaktifsaatprosespembelajaranberlangsungb)gurumemberikanpenguatankepadasiswanya.SelamasiklusIsiswadiberikanLKDdengantingkatanpertanyaanmulaidarikognitifC1hinggaC6namunpertanyaaninimasihmembingungkansiswasehinggapadasiklusIIgurumengadakanperbaikanpertanyaanpadaLKD.Gurujugakurangbisamerangsangkeingintahuansiswadenganmemberikanpertanyaan-pertanyaankepadasiswaakibatnyasiswamasihkurangtermotivasi.PadasiklusIIguruberusahamemperbaikidenganmemberikanperhatianlebihkepadasiswanyadanpadasiklusIIIgurumemberikanpenghargaankepadakelompokdenganpresentasiterbaiksertamembuatvariasikegiatandalamprosespembelajaran.HasilnyapadasiklusIIdanIIIkemampuanbertanyasiswauntuktingkatankognitifC1-C3menurundantingkatankognitifC4-C6meningkatsiswajugamerasasenangdantermotivasidalam.Sebelumdiberitindakansiswayangbertanyahanya2orangdengantingkatkognitifpertanyaanC1danC2sehinggaapabiladibandingkandengansebelumdiberitindakankemampuanberpikirdanmotivasisiswamengalamipeningkatan.