Penerapan pengajaran kelompok kecil dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan motivasi belajar siswa kelas X MA Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang pada mata pelajaran biologi / Diah Kurnia Lestari

Main Author: Lestari, Diah Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/24687/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLestariDiahKurnia.2009.PenerapanPengajaranKelompokKecildalamMeningkatkanKemampuanBerpikirdanMotivasiBelajarSiswaKelasXMAAl-HidayahDonowarihKarangplosoMalangpadaMataPelajaranBiologi.Skripsi.JurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HadiMargonoM.A(II)Dra.SusilowatiM.SKatakuncikemampuanberpikirsiswamotivasisiswaPengajaranKelompokKecilBerdasarkanobservasiawaldiMAAl-HidayahDonowarihKarangplosoMalangdiketahuibahwamotivasibelajardankemampuanberpikirsiswamasihkurang.HalinidapatdilihatdarimasihbanyaknyasiswayangramaimembicarakanhaldiluarmateripembelajarandanrendahnyatingkatankognitifpertanyaansiswasaatpembelajaranyanghanyameliputiC1(pengetahuan)danC2(penerapan).ModelpembelajaranyangdapatditerapkanuntuklebihdapatmengaktifkansiswasalahsatunyaadalahdenganPengajaranKelompokKecil.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirsiswadanmotivasibelajarsiswaMAAlHidayahDonowarihkarangplosoMalangpadamatamelajaranBiologikelasXdenganpengajarankelompokkecil.JenisPenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari3siklusdengansubyekpenelitianadalahsiswakelasXMAAl-HidayahDonowarih.JumlahsiswakelasXMAAl-Hidayahsebanyak31siswadenganrincian9siswalaki-lakidan23siswaperempuandenganmateripencemaran.Kelasdibagimenjadi8kelompokdenganmasing-masingkelompokterdiridari4orangsiswa.Pengajarandilaksanakandenganpolaklasikal-kelompokkecil-klasikal.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpengajarankelompokkecildapatmeningkatkankemampuanberpikirsiswajikaa)komponenkepekaanguruterlaksanadengandemikiangurudapatmerangsangrasaingintahusiswab)pertanyaantuntunanpadaLKDmudahdimengertiolehsiswasehinggadapatmengarahkankemampuanberpikirsiswakearahtingkatankognitifyangingindicapai.Pengajarankelompokkeciljugadapatmeningkatkanaspekmotivasibelajarjikaa)komponenkepekaanguruterlaksanasehinggadapatmemotivasisiswanyayangkurangaktifsaatprosespembelajaranberlangsungb)gurumemberikanpenguatankepadasiswanya.SelamasiklusIsiswadiberikanLKDdengantingkatanpertanyaanmulaidarikognitifC1hinggaC6namunpertanyaaninimasihmembingungkansiswasehinggapadasiklusIIgurumengadakanperbaikanpertanyaanpadaLKD.Gurujugakurangbisamerangsangkeingintahuansiswadenganmemberikanpertanyaan-pertanyaankepadasiswaakibatnyasiswamasihkurangtermotivasi.PadasiklusIIguruberusahamemperbaikidenganmemberikanperhatianlebihkepadasiswanyadanpadasiklusIIIgurumemberikanpenghargaankepadakelompokdenganpresentasiterbaiksertamembuatvariasikegiatandalamprosespembelajaran.HasilnyapadasiklusIIdanIIIkemampuanbertanyasiswauntuktingkatankognitifC1-C3menurundantingkatankognitifC4-C6meningkatsiswajugamerasasenangdantermotivasidalam.Sebelumdiberitindakansiswayangbertanyahanya2orangdengantingkatkognitifpertanyaanC1danC2sehinggaapabiladibandingkandengansebelumdiberitindakankemampuanberpikirdanmotivasisiswamengalamipeningkatan.