Pengaruh penerapan strategi problem based learning (PBL) terhadap keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa kelas X di SMA Negeri 8 Malang pada kemampuan akademik berbeda / Abdul Nurul Hadi
Main Author: | Hadi, Abdul Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24686/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHadiAbdulNurul.2009.PengaruhPenerapanStrategiPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)terhadapKeterampilanMetakognitifdanPemahamanKonsepSiswaKelasXdiSMANegeri8MalangpadaKemampuanAkademikBerbeda.SkripsiJurusanPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.A.D.CorebimaM.Pd(II)Dr.SitiZubaidahM.PdKatakunciPBLketerampilanmetakognitifpemahamankonsepkemampuanakademikKegiatanbelajaryangdilaksanakandisekolahdirancanguntukmencapaitujuanpembelajaran.Dalamprosesmencapaitujuanpembelajarantersebutbanyakhalyangpatutdiperhatikanolehguru.Kebanyakanguruhanyamementingkanaspekkognitifyaitupemahamankonsepsajadanmelupakanaspeklainyangharusdikembangkandalamdirisiswa.Aspekyangharusdikembangkandalamdirisiswayaknikemampuanberpikirdanketerampilanmetakognitifsiswa.Bilasiswamemilikikemampuanberpikiryanglebihbaiktentunyamateriakandapatdicernadenganbaikdansiswadapatdenganlebihmudahdalammencapaitujuanpembelajaran.Siswadenganketerampilanmetakognitifyangbaikakanmampumenjadipebelajaryangmandiri.Siswamampumerencanakanmemonitordanmengevaluasidirinyasendiridalamkegiatanbelajarnyasendiri.Selainkeduahaldiatasdalamkelasyangbaikterdapatsiswaberkemampuanakademiktinggidanrendah.Diupayakangurudapatdenganbaikmemberdayakansiswaberkemampuanakademikrendahsehinggamemilikihasilbelajaryangsejajardengansiswaberkemampuanakademiktinggi.PenelitianinidilakukandiSMANegeri8Malangselamasemestergasal2008/2009.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMANegeri8MalangkelasXtahunajaran2008/2009.SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasX-7sebagaikelaskontroldansiswakelasX-8sebagaikelaseksperimen.SiswakelasX-7terdiriatas42orangsedangkansiswakelasX-8terdiridari41orang.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahrancanganpenelitianeksperimensemudengandesainpenelitiancontrolgrouppretestposttest.DataketerampilanmetakognitifyangdiperolehdarihasilpretesdanpostesmaupuninstrumeninventoridandatapemahamankonsepdianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisstatistikAnakova.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswayangdiajardenganmenggunakanstrategiPBLmemilikiketerampilanmetakognitifyanglebihbaikdaripadasiswayangdiajardenganstrategikonvensional.Rerataketerampilanmetakognitifakhirkelaseksperimenkelompokakademiktinggisebesar379538sedangkankelaskontrolpadakelompokyangsamasebesar24.8615.Adapunrerataketerampilanmetakognitifakhirkelaseksperimenkelompokakademikrendahsebesar326846sedangkankelaskontrolpadakelompokyangsamasebesar195192.Antarasiswaberkemampuanakademiktinggidanrendahmenunjukkanadanyaperbedaanketerampilanmetakognitif.Halinimenunjukkanbahwaselainstrategipembelajarankemampuanakademiksiswajugaberpengaruhterhadapketerampilanmetakognitif.