Penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams-Achievement Divisions) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X5 SMA Negeri 8 Malang / Candra Ari Sudha

Main Author: Sudha, Candra Ari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/24683/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSudhaCandraAri.2009.PenerapanModelPembelajaranBerdasarkanMasalahdanPembelajaranKooperatifSTAD(StudentTeams-AchievementDivisions)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasX5SMANegeri8Malang.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SusetyoadiSetjoM.Pd(II)Drs.SulisetijonoM.Si.KataKunciMotivasiHasilBelajarPembelajaranBerdasarkanMasalahSTADBerbagaiupayatelahdilakukanolehpemerintahuntukmemperbaikimutupendidikandiIndonesia.Tigahalutamayangperludisorotidalamperbaikanmutupendidikanyaitupembaharuankurikulumpeningkatankualitaspembel-ajarandanefektivitasmetodepembelajaran.Metodepembelajarandikelasharusefektifdanmampumemberdayakanpotensisiswa.AkantetapiberdasarkanobservasiyangdilakukanolehpenelitidiSMAN8Malangdiketahuibahwapembelajaranyangdilakukandikelasmasihbersifatkonvensionalyaitudenganmetodeceramahyangberorientasipadaguru(teachercentered)sehinggakurangmemberdayakanpotensisiswa.Haliniberakibatpadamotivasibelajarsiswarendahsehinggaberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswayangjugarendah.BerdasarkanpermasalahantersebutpenelitimenerapkanmodelpembelajaranberdasarkanmasalahdanpembelajarankooperatifSTAD(StudentTeams-AchievementDivisions)untukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasX5SMANegeri8Malang.PenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatandeskriptifkualitatif.PTKinidilaksanakandalamduasiklus.Padasetiapsiklusnyaterdiridariperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasX5semesterIItahunajaran2008-2009SMANegeri8Malangyangberjumlah34siswa.PenelitiandilaksanakanpadabulanMeisampaiJuli2009.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranlembarobservasimotivasisoaltes/kuiskameradancatatanlapangan.Teknikanalisisdatadilakukansecarakualitatifpadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranberdasarkanmasalahdanpembelajarankooperatifSTAD(StudentTeams-AchievementDivisions)dengantahapanpresentasikelasbelajarkelompokmengembangkandanmenyajikanlaporanevaluasidanpenghargaankelompoksecaraumumdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasX5SMANegeri8Malang.DaripaparandatadantemuanpenelitiandiketahuibahwamotivasibelajarklasikalkeseluruhanpadasiklusIImengalamipeningkatansebesar1689%dibandingkandengansiklusI.Hasilbelajarsiswadapatdiketahuidaridaritesyangdiadakansetiapsiklus.KetuntasanbelajarklasikaldarisiklusIkesiklusIImeningkat2059%.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdikatakanbahwapenerapanmodelpembelajaranberdasarkanmasalahdanpembelajarankooperatifSTAD(StudentTeams-AchievementDivisions)dapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasX5SMANegeri8Malang.SarandaripenelitianiniiadalahsebaiknyadilakukanpenelitiansejenispadakompetensidasaryanglaingunamengetahuikeberhasilanpenerapanmodelpembelajaranberdasarkanmasalahdanpembelajarankooperatifSTAD(StudentTeams-AchievementDivisions)dalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswasebaiknyapemicumasalahyangdiberikanbagisiswabersifatlebihnyatadaninovatifuntuklebihmeningkatkanmeningkatkanmotivasibelajarsiswasebaiknyaguruBiologijugamenerapkanmodelpembelajaranberdasarkanmasalahdanpembelajarankooperatifSTAD.