Penerapan pembelajaran kooperatif model examples dalam numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Sukorejo Pasuruan / Meirina Dwita Setyowati

Main Author: Setyowati, Meirina Dwita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24677/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetyowatiMeirinaDwita.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelExamplesNonExamplesdalamNumberedHeadsTogether(NHT)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasVII-BSMPNegeri2SukorejoPasuruan.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)H.M.NoviarDarkuniM.Si.(II)Dra.EkoSriSulasmiM.S.KatakuncipembelajarankooperatifExamplesNonExamplesNumberedHeadsTogethermotivasibelajarhasilbelajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradenganguruBiologidiSMPNegeri2SukorejoPasuruantanggal19dan26Februari2009terdapatbeberapahalyangditemukandikelasVII-Byaitua)gurumenggunakanmetodeceramahtanyajawabdiskusidanpresentasiberdasarkanLKSb)siswaengganuntukmenjawabpertanyaanyangdiberikanolehgurudankurangberanibertanyac)bukupanduanataubukubacaanBiologisiswamasihkurangd)siswasalingmeminjambukubacaanBiologi.Keadaaninimengakibatkansiswayangterlibatdalamkegiatanpembelajaranhanyasebagiankecildancenderungpasifsehinggapersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar7143%.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswamelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelExamplesNonExamplesdalamNumberedHeadsTogether(NHT).PenelitianinimenggunakanmodelpembelajaranExamplesNonExamplesdalamNumberedHeadsTogether(NHT)padapokokbahasanKeanekaragamanMakhlukHidupdanUpayaPelestariannyasertaPengelolaanLingkunganuntukMengatasiPencemarandanKerusakanLingkunganyangdilaksanakandalam2siklussetiapsiklusterdiri4tahapyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniyaitusiswakelasVII-Bsemestergenaptahunajaran2008-2009yangberjumlah42siswa.Datayangdiperolehberupamotivasidanhasilbelajarsiswasertadatapendukungberupacatatanlapangan.Instrumenpenelitianberupaposttestesakhirsikluslembarobservasidancatatanlapangan.Motivasibelajarsiswadiukurberdasarkanpeningkatanrata-ratapersentasemotivasibelajarsiswadantarafkeberhasilantindakansedangkanhasilbelajarsiswadiukurberdasarkanpersentaseketuntasanbelajarsiswasecaraklasikalpadaposttesdantesakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanmotivasibelajarsiswayaitudenganpeningkatanrata-ratapersentasemotivasibelajardantarafkeberhasilantindakandari6375%(cukup)padasiklusImenjadi8215%(baik)padasiklusII.Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpersentaseketuntasanbelajaryaitua)posttesIkeposttesIImeningkat244%padasiklusIdanposttesIIIkeposttesIVmeningkat477%padasiklusIIdanb)tesakhirsiklusmeningkatdarisebelumtindakanyaitu7143%menjadi8333%padasiklusIkemudianmeningkatlagimenjadi9286%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanbahwamodelpembelajaranExamplesNonExamplesdalamNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarbiologisiswakelasVII-BSMPNegeri2SukorejoolehkarenaitudisarankanuntukmenggunakanpembelajarankooperatifmodelExamplesNonExamplesdalamNumberedHeadsTogether(NHT)padapokokbahasanmaupunjenjangpendidikanyangberbeda.