Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTs Surya Buana Malang / Irma Harliawati
Main Author: | Harliawati, Irma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24673/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHarliawatiIrma.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogetheruntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasVIIICMTsSuryaBuanaMalang.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pddan(II)Ir.NugrahaningsihM.PKataKunciPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadsTogetherMotivasiBelajarHasilBelajarProsespembelajaranBiologidiMTsSuryaBuanaMalangsebenarnyasudahcukupbaikhanyasajaaplikasipembelajaranyangmengarahkanpadake-mandiriansiswamasihbelumdapatdikembangkansebagaimanayangdiharapkanolehKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).SalahsatutujuanKTSPadalahuntukmengembangkanseluruhkompetensisiswaataulifeskillsiswa.HasilobservasidanwawancaradengangurubidangstudiBiologidiMTsSuryaBuanaMalangmenunjukkanbahwamotivasidanhasilbelajarsiswadalammatapelajaranBiologitergolongmasihrendah.Rendahnyamotivasibelajarsiswadapatdilihatdari(1)siswakurangdiberikesempatanuntukberpikirmencarijawabandansalingberbagidengansesamatemannyasehinggamengakibatkan5454%siswamenjadikurangberanidalammengungkapkanpertanyaanataupendapattentangmateriyangdiberikan(2)50%siswakurangmemperhatikanguruketikamenjelaskanmateri(3)4545%siswakurangantusiasdanbersema-ngatdalamprosespembelajarandan(4)6363%siswakurangdapatbekerjasamadengantemansekelompoknyadantidakbertanggungjawabterhadaptugasnya.Gurujugamasihterpakupadabukupaketsehinggamengakibatkansiswaseringtidakpahamdenganmateridancenderungmerasabosan.Halinijugamengaki-batkanmotivasisiswamenurunsehinggahasilbelajarnyajugamenurun.Hasilbelajarsiswayangdiperolehpadaevaluasimateripratindakan(StrukturdanFungsiTumbuhan)menunjukkanbahwahanya3181%siswayangtelahmeme-nuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM)yangditetapkandiMTsSuryaBuanaMalangsedangkanpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalharusmencapai85%darijumlahsiswayangmencapaidayaserapminimal65%.MateriFotosintesisdanGerakpadaTumbuhanmerupakanmateriyangcukupsulituntukdipahamisiswakarenamembutuhkanpenerapankonsepyangbenar.Penerapankonseptersebutakanlebihsesuaijikaditerapkandenganme-ngangkatfenomenayangberasaldarilingkungansiswadandenganmodelpem-belajaranyanglebihmenarikyaitupembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether.Modelpembelajaraniniterdiridaritahappenomoran(Num-bering)tahappengajuanpertanyaan(Questioning)tahapberpikirbersama(HeadsTogether)dantahapmenjawabpertanyaan(Answering).Keunggulanmodelpembelajaraniniadalahlebihbanyakmelibatkansiswadalammenelaahmateriyangtercakupdalamsuatupembelajarandanmengecekpemahamanme-rekaterhadapisipelajarantersebut.iPenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVIIICMTsSuryaBuanaMalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklusdanmasing-masingsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIICMTsSuryaBuanaMalangsemesterIItahunajaran2008/2009yangberjumlah22siswayaitu16siswalaki-lakidan6siswaperempuan.PengambilandatapenelitiandilaksanakanpadabulanApril2009.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswadiperolehmelaluiob-servasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanmotivasi(minatperhatiankonsentrasidanketekunan)belajarBiologisiswakelasVIIICMTsSuryaBuanaMalangsebesar1036%.Demikianhalnyadenganhasilbelajarsiswayangjugamengalamipeningkatansebesar532%.Saranyangdapatdikemukakanberdasar-kanhasilpenelitianiniadalah(1)gurudapatmenggunakanpembelajarankoo-peratifmodelNumberedHeadsTogetherpadapokokbahasandanjenjangpen-didikanyanglainuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswa(2)gurudapatmenciptakanvariasipembelajaransepertimenggabungkanpem-belajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherdengankegiatanprakti-kumuntukmenghindariperasaanbosanpadasiswa.