Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTs Surya Buana Malang / Irma Harliawati

Main Author: Harliawati, Irma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/24673/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHarliawatiIrma.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogetheruntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasVIIICMTsSuryaBuanaMalang.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pddan(II)Ir.NugrahaningsihM.PKataKunciPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadsTogetherMotivasiBelajarHasilBelajarProsespembelajaranBiologidiMTsSuryaBuanaMalangsebenarnyasudahcukupbaikhanyasajaaplikasipembelajaranyangmengarahkanpadake-mandiriansiswamasihbelumdapatdikembangkansebagaimanayangdiharapkanolehKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).SalahsatutujuanKTSPadalahuntukmengembangkanseluruhkompetensisiswaataulifeskillsiswa.HasilobservasidanwawancaradengangurubidangstudiBiologidiMTsSuryaBuanaMalangmenunjukkanbahwamotivasidanhasilbelajarsiswadalammatapelajaranBiologitergolongmasihrendah.Rendahnyamotivasibelajarsiswadapatdilihatdari(1)siswakurangdiberikesempatanuntukberpikirmencarijawabandansalingberbagidengansesamatemannyasehinggamengakibatkan5454%siswamenjadikurangberanidalammengungkapkanpertanyaanataupendapattentangmateriyangdiberikan(2)50%siswakurangmemperhatikanguruketikamenjelaskanmateri(3)4545%siswakurangantusiasdanbersema-ngatdalamprosespembelajarandan(4)6363%siswakurangdapatbekerjasamadengantemansekelompoknyadantidakbertanggungjawabterhadaptugasnya.Gurujugamasihterpakupadabukupaketsehinggamengakibatkansiswaseringtidakpahamdenganmateridancenderungmerasabosan.Halinijugamengaki-batkanmotivasisiswamenurunsehinggahasilbelajarnyajugamenurun.Hasilbelajarsiswayangdiperolehpadaevaluasimateripratindakan(StrukturdanFungsiTumbuhan)menunjukkanbahwahanya3181%siswayangtelahmeme-nuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM)yangditetapkandiMTsSuryaBuanaMalangsedangkanpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalharusmencapai85%darijumlahsiswayangmencapaidayaserapminimal65%.MateriFotosintesisdanGerakpadaTumbuhanmerupakanmateriyangcukupsulituntukdipahamisiswakarenamembutuhkanpenerapankonsepyangbenar.Penerapankonseptersebutakanlebihsesuaijikaditerapkandenganme-ngangkatfenomenayangberasaldarilingkungansiswadandenganmodelpem-belajaranyanglebihmenarikyaitupembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether.Modelpembelajaraniniterdiridaritahappenomoran(Num-bering)tahappengajuanpertanyaan(Questioning)tahapberpikirbersama(HeadsTogether)dantahapmenjawabpertanyaan(Answering).Keunggulanmodelpembelajaraniniadalahlebihbanyakmelibatkansiswadalammenelaahmateriyangtercakupdalamsuatupembelajarandanmengecekpemahamanme-rekaterhadapisipelajarantersebut.iPenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVIIICMTsSuryaBuanaMalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklusdanmasing-masingsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIICMTsSuryaBuanaMalangsemesterIItahunajaran2008/2009yangberjumlah22siswayaitu16siswalaki-lakidan6siswaperempuan.PengambilandatapenelitiandilaksanakanpadabulanApril2009.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswadiperolehmelaluiob-servasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanmotivasi(minatperhatiankonsentrasidanketekunan)belajarBiologisiswakelasVIIICMTsSuryaBuanaMalangsebesar1036%.Demikianhalnyadenganhasilbelajarsiswayangjugamengalamipeningkatansebesar532%.Saranyangdapatdikemukakanberdasar-kanhasilpenelitianiniadalah(1)gurudapatmenggunakanpembelajarankoo-peratifmodelNumberedHeadsTogetherpadapokokbahasandanjenjangpen-didikanyanglainuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswa(2)gurudapatmenciptakanvariasipembelajaransepertimenggabungkanpem-belajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherdengankegiatanprakti-kumuntukmenghindariperasaanbosanpadasiswa.