Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Soko Tuban / Masfufatul Jannah

Main Author: Jannah, Masfufatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/24670/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKJannahMasfufatul.2009.PenerapanModelPembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)UntukMeningkatkanMotivasidanPrestasiBelajarBiologiSiswaKelasXI-IPA1SMANegeriISokoTuban.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SusetyoadiSetjoM.Pddan(II)Dra.TitiJudaniM.KesKataKunciNumberedHeadsTogetherMotivasiBelajarPrestasiBelajarBerdasarkanobservasidanhasilwawancaradengangurubidangstudiBiologidiSMANegeriISokoTubandiketahuibahwamotivasidanprestasibelajarsebagianbesarsiswadalammatapelajaranBiologitergolongmasihrendah.ProsespembelajaranBiologidiSMANegeriISokoTubansebenarnyasudahcukupbaikhanyasajaaplikasipembelajaranyangmengarahkanpadakemandiriansiswamasihbelumdapatdikembangkansebagaimanayangdiharapkanolehKTSP.Ketergantungansiswaterhadapgurudalamprosespembelajaranmasihsangattinggi.HalitukarenaprosespembelajarandikelasmasihmenggunakanmetodeceramahtanyajawabataumembahasLembarKerjaSiswa(LKS)sehinggasiswatidakterlaluaktifdalampembelajarandankurangmenimbulkanmotivasidalamdirisiswauntukbelajarBiologi.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.PenelitianbertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasidanprestasibelajarBiologisiswakelasXI-IPA1SMANegeriISokoTubanmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogether.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)dilakukanduasiklusdenganpengambilandatadilaksanakanpadatanggal7Mei2009sampai15Mei2009.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswadiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandataprestasibelajarsiswadiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswapadasiklusIsebesar6439%yangtermasukdalamkategoricukupsedangkanpadasiklusIImotivasibelajarsiswameningkatmenjadi8366%yangtermasukdalamkategoribaik.Motivasibelajarsiswamengalamipeningkatansebesar1927%.PrestasibelajarsiswamenunjukkanbahwapadasiklusIskorrata-ratakelassebesar6700denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar6829%sedangkanpadasiklusIIskorrata-ratakelasmeningkatmenjadi7171denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar9024%.Skorrata-ratakelasmengalamipeningkatansebesar471sedangkanketuntasanbelajarsecaraklasikalmengalamipeningkatansebesar2195%.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarBiologisiswakelasXI-IPA1SMANegeriISokoTubandandapatdisarankanbahwagurudapatmenggunakanmodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherpadapokokbahasanyanglain(selainsistemindera)untukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarBiologisiswa.GurudapatmenggabungkanmodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherataupembelajarankooperatifyanglaindengankegiatanpraktikumuntukmenghindariperasaanbosanpadasiswa.Gurudiharapkanlebihgiatmemantaujalannyadiskusikelompokagarsiswatidakberbicaradiluarmateripelajarandanbercandadengantemannyasehinggafokusperhatiansiswatertujupadakegiatanpembelajaran.