Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Sriwedari Malang / Siti Marfuatus Sholikhah

Main Author: Sholikhah, Siti Marfuatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24669/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSholikhahSitiMarfuatus.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadsTogether(NHT)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasVIISMPSriwedariMalang.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SarwonoM.Pddan(II)BalqisS.PdM.Si.KataKunciPembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)MotivasiBelajarHasilBelajarBerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasVIISMPSriwedariMalangtanggal7Februari2009sampai14Februari2009diketahuibahwamotivasidanhasilbelajarsiswamasihrendah.Rendahnyamotivasibelajarsiswadapatdiketahuidaritingkahlakusiswapadasaatpembelajaranantaralain1)Padasaatpembelajaranmayoritassiswamenunjukkansikapkurangberminatmengikutipelajaran.Siswakurangaktifbertanyamenjawabsertamengungkapkanpendapatnyaselamakegiatanpembelajaranberlangsungwalaupungurusudahseringmemberikankesempatankepadasiswauntukbertanya3)Padasaatdiskusitidaksemuaantusiasmengikutipelajaranhanyabeberapasiswayangaktifmengerjakantugassedangkansiswayanglainbanyakyangmengobroldiluarmateripelajaran4)Beberapasiswatidakmendengarkanpendapattemannyadantidakmendengarkanpenjelasanguru.Gurusudahberusahauntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswadenganmenggunakanbeberapametodepembelajaranmisalnyadenganpraktikumdandiskusikelastetapibelummenunjukkanhasilyangmaksimal.Haltersebutberdampakpadahasilbelajarsiswayangmasihrendahyaiturata-rataskortes67danketuntasanklasikalhanya60%.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT).PenelitianinibertujuanuntukmeningkatanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVIISMPSriwedariMalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT).PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdengandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiriatasduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal18Mei2009sampaitanggal30Mei2009.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitessetiapakhirsiklus.HasilpenelitianpenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)dapat(1)meningkatkanmotivasibelajarsiswadarisebesar5732%(kategorikurang)padasiklusImenjadi7690%(kategoribaik)padasiklusII(2)meningkatkanhasilbelajarsiswadariskorrata-ratakelassebesar6700danketuntasanklasikal60%sebelumsiklusImeningkatmenjadi7640danketuntasanklasikal7667%setelahsiklusIdanmeningkatlagimenjadi8360danketuntasanklasikal90%setelahsiklusII.