Pengaruh penerapan strategi pembelajaran jigsaw terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan kognitif siswa kelas X di SMA Negeri 2 Malang pada kemampuan akademik berbeda / Mawarti Endah Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Mawarti Endah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/24666/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKPratiwiMawartiEndah.2009.PengaruhPenerapanStrategiPembelajaranJigsawterhadapKeterampilanMetakognitifdanKemampuanKognitifSiswaKelasXdiSMANegeri2MalangpadaKemampuanAkademikBerbeda.Skripsi.JurusanBiologi.FMIPA.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.A.D.CorebimaM.Pd(II)Dra.SusriyatiMahanalM.PdKatakuncistrategipembelajaranjigsawketerampilanmetakognitifkesadaranmetakognitifkemampuankognitifkemampuanakademikKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yangberlakudalamsistempendidikanIndonesiamemilikitujuantertentuyaknimembelajarkansiswaaktifyangdapatdicapaidenganpemberdayaanketerampilanmetakognitifsiswa.Keterampilanmetakognitifadalahketerampilantentangberpikirbagaimanaseharusnyaberpikirmenyadarihal-halyangtelahdiketahuidantidakdiketahuisertamemonitordanmengevaluasikemajuanprosesbelajardirisendiri.AspeklainyangmenunjangtercapainyatujuanKTSPtersebutadalahpemberdayaankemampuankognitifsiswa.Kemampuankognitifberkaitandenganpenguasaansiswaterhadapsuatukonsep.Aspeklainyangmenunjangketercapaiantujuanbelajaradalahkemampuanakademiksiswa.Kemampuanakademiksiswaadalahkemampuansiswaterhadapsuatukonsepyangdapatdijadikanbekaluntukprosesbelajarselanjutnya.Salahsatualternatifcarayangdidugadapatmewujudkantujuanpembelajarantersebutadalahpenerapanstrategipembelajarankooperatifjigsaw.Keunggulanstrategiiniadalahadanyakelompokahliyangmerupakanpemilikinformasiyangunikyangtidakdimilikiolehanggotakelompoklainnyasehinggainformasitersebutmenjadimudahdipelajaridanmenyenangkanuntukdigunakandikelas.Penerapanstrategitersebutditujukanuntukmengetahuipengaruhnyaterhadapketerampilanmetakognitifdankemampuankognitifsiswapadakemampuanakademikberbeda.PenelitiandilakukandiSMANegeri2Malangpadasemestergasal2008/2009denganpopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXSMANegeri2Malangtahunajaran2008/2009.SedangkansampelpenelitianiniadalahkelasX2(kelaseksperimen)danX7(kelaskontrol).Rancanganpenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)dengandesainpenelitianmenggunakannonequivalentgroupdesignversifaktorial2x2.Analisisyangdigunakanadalahanalisisanakovafaktorial.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategipembelajaranjigsawberpengaruhterhadapketerampilanmetakognitifsiswasedangkankemampuanakademikdaninteraksiantarastrategipembelajarandankemampuanakademiktidakberpengaruhterhadapketerampilanmetakognitifsiswa.Siswayangdifasilitasidenganstrategipembelajaranjigsawpadakelaseksperimenmemilikiketerampilanmetakognitif902%lebihtinggidibandingkansiswapadakelaskontrol.Strategipembelajaranjigsawlebihmemberdayakanketerampilaniimetakognitifsiswaberkemampuanakademikrendahdenganpersentasesebesar555%sedangkanpemberdayaansiswaberkemampuanakademiktinggihanyasebesar197%.Keterampilanmetakognitifjugamencakuptentangkesadaranmetakognitif.Padapenelitianinikesadaranmetakognitifsiswatidakdipengaruhiolehstrategipembelajarankemampuanakademiksertainteraksikeduanya.Hasilpenelitiantentangkemampuankognitifsiswamenunjukkanbahwastrategipembelajaranjigsawberpengaruhterhadapkemampuankognitifsiswasedangkankemampuanakademikdaninteraksiantarastrategipembelajarandankemampuanakademiktidakberpengaruhterhadapkemampuankognitifsiswa.Kelaseksperimenyangdifasilitasidenganstrategipembelajaranjigsawmemilikikemampuankognitif666%lebihtinggidibandingkankelaskontrol.Strategipembelajaranjigsawberhasilmemberdayakankemampuankognitifsiswaberkemampuanakademikrendahdenganpersentasekenaikansebesar80%sedangkansiswaberkemampuanakademiktinggimengalamikenaikan686%.