Penerapan pola PBMP (pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) dalam metode TSTS (two stay two stray) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X-2 SMAN 3 Malang / Afni Susanti

Main Author: Susanti, Afni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/24665/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSusantiAfni.2009.PenerapanPolaPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)dalamMetodeTSTS(TwoStayTwoStray)untukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarBiologiSiswaKelasX-2SMAN3Malang.Skripsi.JurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.SriEndahIndriwatiM.Pd(II)Drs.SulisetijonoM.SiKatakuncipolaPBMPmetodeTwoStayTwoStrayaktivitasbelajarhasilbelajarKurikulumdiIndonesiatelahmengalamibeberapakaliperubahanyangbertujuanuntukmeningkatkankualitaspendidikanbangsa.DalamKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)dinyatakanbahwamatapelajaranBiologibertujuanuntukmemupuksikapilmiahsiswayangjujurobjektifterbukauletkritisdandapatbekerjasamadenganoranglain.DalamKTSPjugadijelaskanbahwamatapelajaranBiologidikembangkanmelaluikemampuanberpikiranalitisinduktifdandeduktif.PadakenyataannyapembelajaranBiologisaatinikurangmampumengakomodasipeningkatanaktivitasdankemampuanberpikirsiswa.DarihasilobservasipadakelasX-2SMAN3Malangmenunjukkanbahwasiswakurangaktifdalammengajukanpertanyaanmenjawabpertanyaandarigurumaupunmemberikanpendapatnyasecaralisan.Selainitugurubelummenyiapkankelengkapanadministratifsepertilembarobservasiuntukkeaktifansiswa.Aktivitasbelajarsiswayangkurangdifasilitasiselamapembelajarandikelasakanmenyebabkanhasilbelajarsiswamenjadirendah.Hasilbelajaryangrendahjugadisebabkanolehmetodepembelajaranyangditerapkanmasihmenggunakanmetodekonvensionalsehinggaperluadanyametodepembelajaranlainyangdapatmeningkatkanaktivitassiswa.UntukmengatasimasalahtersebutperluditerapkansuatumetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswayaituPenerapanPolaPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)dalamMetodeTSTS(TwoStayTwoStray).Penelitianinibertujuanuntuk1)mengetahuipenerapanPolaPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)dalammetodeTSTS(TwoStayTwoStray)untukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswa2)mengetahuipenerapanPolaPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)dalammetodeTSTS(TwoStayTwoStray)untukmeningkatkanhasilbelajarsiswadan3)mengetahuipersepsisiswakelasX-2SMAN3MalangmengenaipenerapanPolaPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)dalammetodeTSTS(TwoStayTwoStray).Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch)yangdilaksanakandalam2siklustindakan.SubjekpenelitianyangdigunakandalampenelitiantindakankelasiniyaitusiswakelasX-2semestergenaptahunajaran2008-2009SMANegeri3Malangyangberjumlah32siswaterdiridari11siswadan21siswi.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupaaktivitasgurudanaktivitasbelajarsiswasertahasilbelajarsiswa.Selainitudatapendukungdiperolehdaricatatanlapangandanangketresponssiswa.Aktivitasbelajarsiswadiukurberdasarkanpeningkatanpersentaseaktivitasbelajarsiswasecaraklasikalmaupunperkelompoksertaditinjaupuladarisegiranahafektif.AktivitasbertanyasiswadianalisislebihmendalamdarisegikognitiftaksonomiBloomuntukmengetahuikualitaspertanyaansiswa.Hasilbelajarsiswadiukurberdasarkanhasiltesyangdilakukanpadatiapakhirsiklusuntukmengetahuipersentaseketuntasanbelajarsiswasecaraklasikal.Instrumenpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniyaitusoalteslembarobservasiaktivitassiswadanguruangketresponssiswadancatatanlapangan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)PenerapanPolaPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)dalamMetodeTSTS(TwoStayTwoStray)dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIbaikditinjaudaripeningkatansetiapkelompokmaupunsecaraklasikalsertadarisegiranahafektifmaupundarisegikognitifkualitaspertanyaansiswa2)PenerapanPolaPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)dalamMetodeTSTS(TwoStayTwoStray)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswayangdiukurdenganpersentaseketuntasanbelajarminimalbaiksecaraindividumaupunsecaraklasikaldarisiklusIkesiklusII.PadasiklusIpersentasesiswayangmencapaiketuntasanbelajarminimalsecaraindividuadalah75%jumlahinimeningkatpadasiklusIImenjadi96875%.PadasiklusIkelasX-2SMAN3MalangbelumbisadikatakantuntasbelajarnamunpadasiklusIIpersentasesiswayangmencapaiketuntasanbelajarminimalsudahlebihdari85%sehinggadapatdikatakanmerekasudahtuntasbelajar.SiswayangbelummencapaiketuntasanbelajarminimalpadasiklusIIsebaiknyadiberikanpembelajaranremidiyangdilaksanakandenganmetodetutorsebayadengantujuanuntukmemperbaikitingkatpemahamanmateridanskorsiswasehinggadiperolehhasilyanglebihbaik.