Penerapan pendekatan salingtemas (sains, lingkungan, teknologi, masyarakat) melalui model kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI-IA 2 SMA Negeri 3 Malang / Galina Istighfarini
Main Author: | Istighfarini, Galina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24660/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIstighfariniGalina.2009.PenerapanPendekatanSalingtemas(SainsLingkunganTeknologiMasyarakat)melaluiModelKooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasXI-IA2SMANegeri3Malang.Pembimbing(1)Dr.SriEndahIndriwatiM.Pd.(II)Dra.SriRahayuLestariM.SiKata-katakuncisalingtemasNHTmotivasibelajarhasilbelajarSaatIniIndonesiamenggunakankurikulumKTSPyangprinsipnyaantaralainberpusatpadapotensiperkembangankebutuhandankepentinganpesertadidikdanlingkunganberagamdanterpadutanggapterhadapperkembanganilmupengetahuanteknologidanseni.PadakenyataannyapelaksanaanpembelajaranbelumsesuaidenganKTSP.PembelajaranSalingtemasmerupakansuatupendekatanyangdapatmengajaksiswauntukmaudanmampumenerapkanprinsipsainsdanmenghasilkansuatuteknologiuntukmemecahkanmasalahdimasyarakat.ModelNHTmerupakanstrukturyangmelibatkansiswadalammenelaahmateridanmemeriksapemahamanterhadapisupelajaran.PembelajaranBiologidikelasXI-IA2SMAN3Malangberpusatpadaguru(teachercentered).Metodeyangdigunakandalampembelajaranberupametodeceramah.Worksheetyangmerupakaninstrumenpembelajarantidakdigunakansecaratepat.Dalammelakukanpenilaiansoaltesyangdigunakankebanyakanberupasoaltingkatkognitifmengingat(C1)saja.Haltersebutmenyebabkanmotivasidanhasilbelajarsiswarendah.Siswaselalupasifdanhanyamendengarkantanpamenunjukkansikapgembiramaupunsikapingintahu.Nilaiketuntasanbelajarsecaraklasikalrendahyaituhanya6667%.PendekatanSalingtemasdenganmodelNHTdidugadapatdigunakanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarbiologisiswaSMAN3MalangkelasXI-IA2.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandalamduasiklus.Padatiapsiklusterdiridaritigakalipertemuan.PenelitianinidilaksanakanpadabulanJanuarisampaiMei2009.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXI-IA2SMAN3Malangdengan10siswalaki-lakidan20siswaperempuan.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswadiperolehdenganmelakukanobservasimenggunakanlembarobservasimotivasibelajarselamapembelajaran.SedangkandatahasilbelajarsiswapadaranahkognitifC1-C4diukurberdasarkanketuntasanbelajarsecaraklasikaldanrata-ratatingkatkognitifyangdiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklus.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaitusoalteslembarobservasimotivasilembarobservasitindakangurudancatatanlapangan.Berdasarkanhasilpenelittianterjadipeningkatanpadakeempataspekmotivasibelajaryaituminat(26%)perhatian(91%)konsentrasi(139%)danketekunan(68%).Hasilbelajarjugamengalamipeningkatansebesar2758%.KetigaAspekkognitifjugamengalamipeningkatanyaituC1(224)C2(116)danC3(38)sedangkanC4mengalamipenurunansebesar173.OlehkarenaitudisarankanbahwagurudapatmenggunakanpendekatanSalingtemasdenganmodelKooperatifNHTuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarbiologisiswa.