Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-5 SMA Negeri 4 Malang / Lilis Pitriani

Main Author: Pitriani, Lilis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/24654/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPitrianiLilis.2009.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTPS(ThinkPairShare)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasX-5SMANegeri4Malang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing1)Drs.TriastonoImamPrasetyoM.Pd2)Dra.SriRahayuLestariM.SiKataKunciModelPembelajaranKooperatifTPS(ThinkPairShare)MotivasiBelajarHasilBelajar.Berdasarkanhasilobservasipenelitipadatanggal202427April2009dan1Mei2009dikelasX-5SMANegeri4Malangdiperolehdatabahwapembelajarandikelaslebihseringmenggunakanmetodeceramah.Metodeceramahyangselamainidigunakandalamkegiatanpembelajarandikelaskurangmenarikminatsiswa.Pembelajaranceramahtidakmelibatkansiswasecaralangsungsehinggasiswatidakterlibataktifdalamkegiatanpembelajaran.Haltersebutmenyebabkanrendahnyamotivasibelajarbiologisiswayangberdampakpadarendahnyahasilbelajarbiologisiswa.UntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologimakadilakukanpenelitiandenganjudulPenerapanPembelajaranKooperatifModelTPS(ThinkPairShare)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasX-5SMANegeri4Malang.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)dilaksanakandalamIIsiklusdenganmateriEkosistem.Penelitianinibertujuanuntuk1)meningkatkanmotivasibelajarsiswa2)meningkatkanhasilbelajarsiswa3)menerapkanmodelTPS.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelTPS1)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswaterlihatdaripersentaserata-ratamotivasibelajarsiswapadasiklusIsebesar7368%yangtermasukdalamkategoribaiksedangkanpadasiklusIIsebesar9110%dengankategoritarafkeberhasilansangatbaik2)dapatmeningkatkanhasilbelajardarisebelumtindakanhinggasetelahtindakandenganpembelajaranTPSpadasiklusIdansiklusIIsebelumsiklusdiperolehrerata6307denganketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar714%reratasiklusI6993denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar3902%padasiklusIImeningkatmenjadi7743denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar5714%3)pembelajarankooperatifmodelTPSterdiridaritigatahapyaitutahapThinkPairdanShare.TahapThinkyaitudenganmemberikanpertanyaanpadaLKSdandansiswadituntutuntukberpikirsendiri/mandiriuntukmenjawabpertanyaantersebut.TahapPairyaitusiswaberdiskusidenganpasangannya(2atau4orang)untukmenjawabLKSdantahapShareyaitudiskusikelas.Siswabersamapasangannyamempresentasikanhasiljawabannyadidepankelas.Sarandaripenelitianiniadalahsebaiknyagurumemintasiswauntukmenuliskanpertanyaannyadikertasbagisiswayangbelumsempatmengutarakanpertanyaanpadasaatdiskusikelas(tahapshare)danpertanyaantersebutakandijawabgurupadapertemuanselanjutnyasertahasiljawabanLembarKerjaSiswa(LKS)dapatdigunakansebagaiskorkontribusidalammenetapkannilaiakhir.