Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-5 SMA Negeri 4 Malang / Lilis Pitriani
Main Author: | Pitriani, Lilis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24654/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPitrianiLilis.2009.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTPS(ThinkPairShare)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasX-5SMANegeri4Malang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing1)Drs.TriastonoImamPrasetyoM.Pd2)Dra.SriRahayuLestariM.SiKataKunciModelPembelajaranKooperatifTPS(ThinkPairShare)MotivasiBelajarHasilBelajar.Berdasarkanhasilobservasipenelitipadatanggal202427April2009dan1Mei2009dikelasX-5SMANegeri4Malangdiperolehdatabahwapembelajarandikelaslebihseringmenggunakanmetodeceramah.Metodeceramahyangselamainidigunakandalamkegiatanpembelajarandikelaskurangmenarikminatsiswa.Pembelajaranceramahtidakmelibatkansiswasecaralangsungsehinggasiswatidakterlibataktifdalamkegiatanpembelajaran.Haltersebutmenyebabkanrendahnyamotivasibelajarbiologisiswayangberdampakpadarendahnyahasilbelajarbiologisiswa.UntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologimakadilakukanpenelitiandenganjudulPenerapanPembelajaranKooperatifModelTPS(ThinkPairShare)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasX-5SMANegeri4Malang.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)dilaksanakandalamIIsiklusdenganmateriEkosistem.Penelitianinibertujuanuntuk1)meningkatkanmotivasibelajarsiswa2)meningkatkanhasilbelajarsiswa3)menerapkanmodelTPS.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelTPS1)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswaterlihatdaripersentaserata-ratamotivasibelajarsiswapadasiklusIsebesar7368%yangtermasukdalamkategoribaiksedangkanpadasiklusIIsebesar9110%dengankategoritarafkeberhasilansangatbaik2)dapatmeningkatkanhasilbelajardarisebelumtindakanhinggasetelahtindakandenganpembelajaranTPSpadasiklusIdansiklusIIsebelumsiklusdiperolehrerata6307denganketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar714%reratasiklusI6993denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar3902%padasiklusIImeningkatmenjadi7743denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar5714%3)pembelajarankooperatifmodelTPSterdiridaritigatahapyaitutahapThinkPairdanShare.TahapThinkyaitudenganmemberikanpertanyaanpadaLKSdandansiswadituntutuntukberpikirsendiri/mandiriuntukmenjawabpertanyaantersebut.TahapPairyaitusiswaberdiskusidenganpasangannya(2atau4orang)untukmenjawabLKSdantahapShareyaitudiskusikelas.Siswabersamapasangannyamempresentasikanhasiljawabannyadidepankelas.Sarandaripenelitianiniadalahsebaiknyagurumemintasiswauntukmenuliskanpertanyaannyadikertasbagisiswayangbelumsempatmengutarakanpertanyaanpadasaatdiskusikelas(tahapshare)danpertanyaantersebutakandijawabgurupadapertemuanselanjutnyasertahasiljawabanLembarKerjaSiswa(LKS)dapatdigunakansebagaiskorkontribusidalammenetapkannilaiakhir.