Penerapan strategi reciprocal teaching dalam model problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA-1 di SMA Negeri 6 Malang / Cahyo Prastyo
Main Author: | Prastyo, Cahyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24645/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPrastyoCahyo.2008.PenerapanStrategiReciprocalTeachingdalamModelProblemBasedLearninguntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasXIIPA-1diSMANegeri6Malang.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SusetyoadiSetjoM.Pddan(II)Dra.NursasiHandayaniM.SiKataKunciReciprocalTeachingProblemBasedLearningMotivasiBelajarHasilBelajarBerdasarkanhasilobservasitentangprosespembelajaranBiologidiSMANegeri6MalangkhususnyakelasXIIPA1diperolehinformasiadanyakecenderunganpolapembelajaranyangterpusatpadagurudimanasiswakurangberkesempatanuntukmengembangkankreativitasdanbelumterlibatsecaramaksimaldalamprosespembelajaran.Sebagianbesaraktivitaspembelajarandilakukanolehgurusedangkansiswabersifatpasifmenerimainformasisehinggakurangmembangkitkanmotivasibelajarsiswakarenasiswatidakdilibatkandalamprosespembelajaranyangmaksimal.SalahsatualternatifuntukmengatasipermasalahanpembelajarantersebutadalahdenganmenerapkanstrategiReciprocalTeachingdalammodelProblemBasedLearningyangbersifatkonstruktif.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasXIIPA-ISMANegeri6MalangmelaluipenerapanstrategiReciprocalTeachingdalammodelProblemBasedLearning.PenelitianinimerupakanpenelitiannoneksperimendengandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari2siklusyangmasing-masingsiklusmeliputitahapperencanaanpelaksanaantindakandanobservasiPengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal5Mei2008sampaidengantanggal22Mei2008.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswadiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklus.SubyekpenelitiandalampenelitianiniadalahkelasXIIPA-1semesterIItahunajaran2007/2008yangsiswanyaberjumlah37orang.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswapadasiklusIsebesar475%(kategorikurang)meningkatmenjadi775%(kategoribaik)padasiklusII.HasilbelajarsiswapadasiklusImenunjukkanbahwaskorrata-ratakelassebesar7085denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar6757%meningkatmenjadi7498denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar7838%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanstrategiReciprocalTeachingdalammodelProblemBasedLearningmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasXIIPA-ISMANegeri6Malang.