Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar biologi siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang / Poppy Rahmatika Primandiri

Main Author: Primandiri, Poppy Rahmatika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/24641/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKPrimandiriPoppyRahmatika.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifThinkPairShare(TPS)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirdanHasilBelajarBiologiSiswaKelasX-8SMANegeri7Malang.SkripsiJurusanPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HadiSuwonoM.Si.(II)Drs.TriastonoImamP.M.Pd.KatakunciThinkPairShareKemampuanBerpikirHasilBelajar.BerdasarkanhasilwawancaradenganguruBiologihasilobservasidananalisisangketyangdisebarkanpadakelasX-8SMANegeri7Malangdiperolehinformasibahwasiswakurangterlibataktifdalamkegiatanpembelajaranhanya30%siswaantusiasmendengarkanpenjelasangurusedangkan70%siswayanglainterutamayangdudukdibangkuurutanbelakangkurangantusiasmengikutipelajaran(berbicaradengantemansebangkumelamundanmenggambar).Hasilbelajarsiswabanyakdibawahstandarkelulusansehinggasetiapkalitesselaluadasiswayangremidi.SalahsatusolusiuntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatifThinkPairSharesehinggakegiatandiskusidapatmenyenangkandansiswadapatsalingmembantusatusamalain.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapenerapanpembelajarankooperatifThinkPairShareterhadapkemampuanberpikirdanhasilbelajarsiswakelasX-8SMANegeri7Malang.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasikluspadapokokbahasanMonera.SubjekpenelitianadalahsiswakelasX-8SMANegeri7Malangyangberjumlah42siswa.Fokuspenelitianadalahkemampuanberpikirdanhasilbelajarsiswa.Kemampuanberpikirsiswadiamatidenganmenggunakanlembarobservasipertanyaandanjawabansiswasecaralisanselamapembelajarandancatatanlapangansedangkanhasilbelajarsiswadiukurmenggunakantesdisetiapakhirsiklus.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwapadapenelitianinitidakterjadipeningkatankemampuanberpikirtingkattinggi(TaksonomiBloomC4-C6)kemampuanbertanyadanmenjawabtingkattinggipadasiklus1samasepertidisiklus2yaitu476%dariseluruhsiswakelasX-8.Tetapikemampuanberpikirtingkatrendahmengalamipeningkatandarisiklus1kesiklus2.Padasiklus1kemampuanbertanyatingkatrendah(TaksonomiBloomC1-C3)yaitu119%danpadasiklus2kemampuanbertanyatingkatrendah(TaksonomiBloomC1-C3)yaitu2619%.Kemampuanmenjawabtingkatrendah(TaksonomiBloomC1-C3)padasiklus1yaitu1905%danpadasiklus2yaitu2857%.Padapenelitianiniterjadipeningkatanhasilbelajardarisebelumtindakansiklus1dansiklus2.Hasilbelajarsiswameningkatdari718%(sebelumtindakan)menjadi7362%padasiklus1.Hasilbelajarsiswameningkatdari7362%(siklus1)menjadi7860%padasiklus2.DapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifThinkPairShare(TPS)dapatmeningkatkankemampuanberpikirdanhasilbelajarsiswakelasX-8SMANegeri7Malang.Berdasarkanpaparandananalisisdatasertatemuandalampenelitianinimakapenelitimenyampaikansaranyaitu1)sebagaiiiiupayapeningkatankemampuanberpikirdanhasilbelajarsiswadisarankankepadagurubidangstudiBiologiuntukmenerapkanpembelajaranpembelajarankooperatifThinkPairShare(TPS)padamateriyanglainnya2)dalammenerapkanpembelajaranpembelajarankooperatifThinkPairShare(TPS)hendaknyagurulebihmemberikanperhatianpadasiswapadasetiaptahapanpembelajaransehinggasemuasiswaterlibataktifdalamkegiatanpembelajaran3)implementasipembelajaranpembelajarankooperatifThinkPairShare(TPS)memerlukanwaktuyangbanyakdanmemerlukanperencanaanyangbaikuntukdapatmencoverkonsepsehinggagurubidangstudiyangberencanamelaksanakanpembelajarantersebuthendaknyamemperhatikanhaldiatas4)guruperlumemperhatikanmengenaikualitaspertanyaankarenakesuksesankegiatanpembalajarandenganThinkPairSharesangattergantungpadakualitaspertanyaanyangdiajukangurupadatahappertama5)guruperlumembiasakansiswabertanyadanmenjawabpadametodepembelajaranyanglainuntukdapatmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggiagarsiswatidaktakutuntukmengungkapkanideataupendapatmereka6)untukpenelitianselanjutnyaperlumembuatdatapadasaattahappairkarenapadatahapiniakanterjadiinteraksisiswa.Datainijugadapatmenjadidatatambahan7)dalammembuatLKShendaknyagurumembuatpertanyaanpadatingkattinggi(TaksonomiBloomC4-C6)agarsiswaterbiasauntukberlatihberpikirmenyelesaikansuatupermasalahandan8)dalammerencanakanpembelajaranhendaknyagurumembuatsesuatuyangmenarikdanmenantangsehinggasiswatertarikuntukbertanyamenjawabatauberpendapat.