Penerapan metode inkuiri terbimbing melalui Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VII-B di SMP Negeri 2 Malang / Nurul Inayati Mubayatun

Main Author: Mubayatun, Nurul Inayati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24627/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilobservasidiSMPNegeri2MalangdapatdiketahuibahwakondisisiswaSMPNegeri2MalangkurangmenyukaipelajaranBiologi.MerekaberpendapatbahwapelajaranBiologicenderunglebihmenghafaldanmetodepembelajaranyangseringdigunakanadalahmetodetanya-jawabsehinggamenimbulkankebosanan.KebosananiniakanmenimbulkanberkurangnyaminatsiswadalammempelajariBiologi.Berdasarkankondisitersebutdilakukanpenelitiandengantujuanuntuk(1)mengetahuipenerapanmetodeInkuiriTerbimbingmelaluiProblemBasedLearning(PBL)dapatmeningkatkanminatbelajarBiologisiswakelasVII-BdiSMPNegeri2Malang.(2)mengetahuipenerapanmetodeInkuiriTerbimbingmelaluiProblemBasedLearning(PBL)dapatmeningkatkanhasilbelajarBiologisiswakelasVII-BdiSMPNegeri2Malang.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridari2siklus.Tiapsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.ProsedurpengumpulandatameliputiobservasikegiatanbelajarmengajarobservasiminatbelajarsiswaobservasipresentasidandiskusidalampenerapanmetodeInkuiriTerbimbingmelaluiProblemBasedLearning(PBL)pemberianteskognitifdanafektifyangdilakukansetiapakhirsiklus.Analisisdatayangdigunakanuntukmengujihipotesisadalahanalisiskualitatif-kuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)minatbelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklusIkeII.Secaraberturut-turuttarafkeberhasilantindakanklasikalsiklusIdanIIadalah5969%dan7863%2)hasilbelajarkognitifsiswayangdiukurdenganpersentaseketuntasanbelajarklasikalmengalamipeningkatandarisiklusIkeII.Secaraberturut-turutpersentaseketuntasanbelajarklasikalsiklusIdanIIadalah7436%dan100%.3)hasilbelajarranahafektifsiswayangdiukurdenganrata-ratanilaimengalamipeningkatandarisiklusIkeII.Secaraberturut-turutrata-ratanilaisiklusIdanIIadalah8741dan9070.4)hasilbelajarranahpsikomotoryangdiukurdengantarafkeberhasilantindakanklasikalmengalamipeningkatan.Secaraberturut-turuttarafkeberhasilantindakanklasikalsiklusIdanIIadalah5691%dan7671%.Padapelaksanaanpembelajaranguruharusdapatmengelolakelassecarameratasehinggaseluruhsiswamemperolehperhatianyangsamadanakhirnyadapatmeningkatkanindikatorminatlainnyayangmasihbelummaksimal.