Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran salingtemas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 6 Blitar / Yulita Pramustikasari
Main Author: | Pramustikasari, Yulita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24626/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPramustikasariYulita.2008.PenerapanModelPembelajaranThinkPairShare(TPS)dalamPembelajaranSalingtemasuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasVIISMPN6Blitar.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SusetyoadiSetjoM.Pd.(2)Dra.MurniSaptasari.M.Si.KatakunciModelPembelajaranThinkPairShare(TPS)PembelajaranSalingtemasMotivasiBelajarHasilbelajar.BerdasarkanhasilobservasidiSMPN6BlitarpenelitimenemukanbeberapahalyaituSMPN6Blitarmemilikikarakteristiksiswadengankemampuankognitifmenengahkebawah.PembelajarandiSMPN6Blitarsecarakonvensionaldimanagurumengajardenganceramahsertapembelajaranberpusatpadaguru(teachercenter).Penerapanpembelajaransecaraceramahmenyebabkanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswarendah.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarmelaluipenerapanmodelpembelajaranTPSdalampembelajaranSalingtemas.JenisPenelitianiniadalahtermasukPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidenganduasiklusmasing-masingsiklusdenganduakalipertemuan.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswaSMPNegeri6BlitarkelasVIIHdenganjumalhsiswaperempuan14danjulahsiswalaki-laki15orang.Instrumendalampenelitianberupatesevaluasiuntukmengetahuihasilbelajardanlembarobservasiuntukmengetahuimotivasibelajarsiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwapenerapanmodelpembelajarandengandalampembelajaranSalingtemasdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIIHSMPN6Blitar.PadasiklusIpersentasemotivasibelajarsiswa525%.PadasiklusIIpersentasemotivasibelajarsiswameningkatmenjadi75%.PenerapanmodelpembelajarandenganTPSdalampembelajaranSalingtemasdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIHSMPN6Blitar.PadasiklusIpersentasereratahasilbelajarsiswaadalah8032%.PadasiklusIIpersentasehasilbelajarmengalamipeningkatanyaitumenjadi8053%.Berdasarkanpenelitianmakadapatdiajukansaransebagaiberikut(1)saattahapthink(dalamTPS)gurudapatmemberikanpermasalahandalambentuklisanuntukmenghindarisiswayangsudahmulaiberdiskusisaattahapthinkdalamTPS(2)dalampembagiankelompokdiskusihendaknyadilakukansecaraheterogen(3)dalampembelajaranmodelTPSgurudapatmembangkitkanmotivasisiswadengancarapendekatansecarapersonalkepadasiswayangdapatdilakukansaattahappair.