Penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan lima unsur kooperatif dan prestasi belajar siswa kelas X-A semester II MAN 3 Malang / Fitria Aningtyas
Main Author: | Aningtyas, Fitria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24623/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilobservasiawaldiMAN3MalangdapatdiketahuikondisisiswaMAN3Malangsangatberagam.Kondisiinimeliputiperbedaankemampuanakademikkaraktersiswabahkanperbedaansuku.Perbedaantersebutseringmenimbulkankesenjanganantarasatusiswadengansiswayanglainsehinggamerekacenderungmembentukkelompokdengantemansebayanyayangmempunyaikesamaanpandangan.Haliniberpengaruhterhadapaktivitasdanbelajarsiswa.DengandemikianperludilakukanpembelajaranyangdapatmengurangikesenjanganantarsiswasalahsatunyadenganmodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournament(TGT)karenadalampembelajaraninimelibatkanperansiswasebagaitutorsebayadansiswadapatbelajarbekerjasama.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridari2siklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubyekyangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasX-AMAN3MalangSemesterIIdenganjumlah31siswaperempuansemuadalampokokbahasanPlantae.Penelitianinibertujuanuntuk1)mengetahuiaktivitasgurudalampenerapanmodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournament(TGT)2)mengetahuipenerapanmodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournament(TGT)dalammeningkatkanlimaunsurkooperatifsiswadan3)mengetahuipenerapanmodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournament(TGT)dalammeningkatkanprestasibelajarsiswa.ProsedurpengumpulandatameliputiobservasiaktivitasgurudalampembelajaranobservasiaktivitassiswadalammodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournament(TGT)pemberiantesyangdilaksanakansetiapakhirsiklusdanpengisianangkettentangpernyataandansikapsiswaterhadappembelajaranyangdiberikantiapakhirsiklus.Analisisdatayangdigunakanuntukmengujihipotesisadalahanalisisdeskriptifkualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)AktivitasgurudalammelaksanakanpembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaraankooperatifTeamsGamesTournamet(TGT)telahsesuaidengan5tahapanyaitupenyajiankelasbelajarkelompokgamedanturnamenpenghargaandanevaluasi2)AktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.PadasiklusIIaktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatanrata-ratapersentaseaktivitasbelajarsiswapadatingkatK(Kurang)sebesar0%tingkatC(Cukup)sebesar1484%danpadatingkatB(Baik)sebesar8516%dan3)Prestasibelajarsiswayangdiukurdenganskorrata-ratadanpersentaseketuntasanklasikaljugamengalamipeningkatandaridataawalsiklusIdansiklusII.Secaraberturut-turutskorrata-ratasiswapadadatadataawalsiklusIdansiklusIIadalah68747210dan8919.SedangkanpersentaseketuntasanklasikalsiswapadadataawalsiklusIdansiklusIIadalah5161%7096%100%.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanbeberapahalsebagaiberikutdalammelaksanakanpembelajaranguruharusdapatlebihmeratadalammengelolakelassehinggaseluruhsiswamemperolehperhatianyangsamadanakhirnyadapatmeningkatkanunsurkooperatiflainnyayangmasihbelummaksimal.Disampingitudalampembelajarankooperatifguruharusdapatlebihmengoptimalkanpelaksanaanpembelajaranremididenganmenggunakanmetodetutorsebaya.Siswayangmempunyaiskortinggidalamkelompokdapatmenjaditutordanmengajariataumembantusiswayangmempunyaiskorrendah.