Penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan lima unsur kooperatif dan prestasi belajar siswa kelas X-A semester II MAN 3 Malang / Fitria Aningtyas

Main Author: Aningtyas, Fitria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/24623/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilobservasiawaldiMAN3MalangdapatdiketahuikondisisiswaMAN3Malangsangatberagam.Kondisiinimeliputiperbedaankemampuanakademikkaraktersiswabahkanperbedaansuku.Perbedaantersebutseringmenimbulkankesenjanganantarasatusiswadengansiswayanglainsehinggamerekacenderungmembentukkelompokdengantemansebayanyayangmempunyaikesamaanpandangan.Haliniberpengaruhterhadapaktivitasdanbelajarsiswa.DengandemikianperludilakukanpembelajaranyangdapatmengurangikesenjanganantarsiswasalahsatunyadenganmodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournament(TGT)karenadalampembelajaraninimelibatkanperansiswasebagaitutorsebayadansiswadapatbelajarbekerjasama.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridari2siklus.Masing-masingsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubyekyangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasX-AMAN3MalangSemesterIIdenganjumlah31siswaperempuansemuadalampokokbahasanPlantae.Penelitianinibertujuanuntuk1)mengetahuiaktivitasgurudalampenerapanmodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournament(TGT)2)mengetahuipenerapanmodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournament(TGT)dalammeningkatkanlimaunsurkooperatifsiswadan3)mengetahuipenerapanmodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournament(TGT)dalammeningkatkanprestasibelajarsiswa.ProsedurpengumpulandatameliputiobservasiaktivitasgurudalampembelajaranobservasiaktivitassiswadalammodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournament(TGT)pemberiantesyangdilaksanakansetiapakhirsiklusdanpengisianangkettentangpernyataandansikapsiswaterhadappembelajaranyangdiberikantiapakhirsiklus.Analisisdatayangdigunakanuntukmengujihipotesisadalahanalisisdeskriptifkualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)AktivitasgurudalammelaksanakanpembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaraankooperatifTeamsGamesTournamet(TGT)telahsesuaidengan5tahapanyaitupenyajiankelasbelajarkelompokgamedanturnamenpenghargaandanevaluasi2)AktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.PadasiklusIIaktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatanrata-ratapersentaseaktivitasbelajarsiswapadatingkatK(Kurang)sebesar0%tingkatC(Cukup)sebesar1484%danpadatingkatB(Baik)sebesar8516%dan3)Prestasibelajarsiswayangdiukurdenganskorrata-ratadanpersentaseketuntasanklasikaljugamengalamipeningkatandaridataawalsiklusIdansiklusII.Secaraberturut-turutskorrata-ratasiswapadadatadataawalsiklusIdansiklusIIadalah68747210dan8919.SedangkanpersentaseketuntasanklasikalsiswapadadataawalsiklusIdansiklusIIadalah5161%7096%100%.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanbeberapahalsebagaiberikutdalammelaksanakanpembelajaranguruharusdapatlebihmeratadalammengelolakelassehinggaseluruhsiswamemperolehperhatianyangsamadanakhirnyadapatmeningkatkanunsurkooperatiflainnyayangmasihbelummaksimal.Disampingitudalampembelajarankooperatifguruharusdapatlebihmengoptimalkanpelaksanaanpembelajaranremididenganmenggunakanmetodetutorsebaya.Siswayangmempunyaiskortinggidalamkelompokdapatmenjaditutordanmengajariataumembantusiswayangmempunyaiskorrendah.