Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Team Game Tournament) dalam siklus belajar yang berbasis potensi wilayah industri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Gresik / Dodi Firnanduz

Main Author: Firnanduz, Dodi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24621/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilwawancarasecarainformaldengangurumatapelajaranBiologikelasVIIFSMPNegeri3GresikdiketahuibahwadalamkegiatanbelajarmengajarbiologisudahdigunakanpembelajarankooperatifdiantaranyaadalahmodelSTADJigsawdanGI.Namunmenurutpengalamanguruyangsudahmelaksanakannyamasihbelumsempurnadancukupmenyitawaktudalammengelolakelas.Halinimungkindisebabkankarenaguruterbiasamenggunakanmetodekonvensionaluntukmenyampaikanmateripelajaransehinggadalamprosespembelajaransiswaterlihatkurangaktifdantidakbanyakterlibatdalamkegiatanpembelajaran.PembelajarankooperatifmodelTGTdiharapkandapatmembantumasalahtersebutsehinggasiswadapatbelajarlebihsemangatdisampingmenumbuhkantanggungjawabkerjasamapersaingansehatsertaketerlibatanbelajarmelaluisuatuperlombaanatauturnamen.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahpenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTdapatmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarbiologisiswakelasVIIIFSMPNegeri3Gresik.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatifyangmerupakankolaborasiantaramahasiswadanguru.Penelitianinidilakukandenganmenggunakan2siklussiklusIberlangsungdaritanggal25Julisampai20Agustus2005dansiklusIIberlangsungdaritanggal24Agustussampai10September2005.IndikatorpeningkatanmotivasibelajarsiswadapatdilihatdariketertarikanterhadappembelajarankooperatifmodelTGTyangdisertaidengankesungguhandalambelajardikelassedangkanpeningkatanhasilbelajardilihatdarihasilmenjawabpertanyaan-pertanyaandalamturnamen.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTdapatmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarbiologisiswakelasVIIIFSMPNegeri3Gresik.PadasiklusItingkatmotivasibelajarsiswacukuptinggiyangditunjukkandenganhampirsemuasiswatertarikdenganpembelajarankooperatifmodelTGTpersentaseketuntasanhasilbelajarsiswasebesar57.5%.PadasiklusIItingkatmotivasibelajarsiswajugacukuptinggidansiswasangatantusiasdalampelaksanaanturnamensedangkanpersentaseketuntasanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmenjadi70%.DarihasilpenelitiandapatdiketahuibahwapembelajarankooperatifmodelTGTmemberikanpengaruhdandapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.JadipembelajarankooperatifmodelTGTdapatdigunakansebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranbiologiyangbaik.