Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Team Game Tournament) dalam siklus belajar yang berbasis potensi wilayah industri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Gresik / Dodi Firnanduz
Main Author: | Firnanduz, Dodi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24621/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilwawancarasecarainformaldengangurumatapelajaranBiologikelasVIIFSMPNegeri3GresikdiketahuibahwadalamkegiatanbelajarmengajarbiologisudahdigunakanpembelajarankooperatifdiantaranyaadalahmodelSTADJigsawdanGI.Namunmenurutpengalamanguruyangsudahmelaksanakannyamasihbelumsempurnadancukupmenyitawaktudalammengelolakelas.Halinimungkindisebabkankarenaguruterbiasamenggunakanmetodekonvensionaluntukmenyampaikanmateripelajaransehinggadalamprosespembelajaransiswaterlihatkurangaktifdantidakbanyakterlibatdalamkegiatanpembelajaran.PembelajarankooperatifmodelTGTdiharapkandapatmembantumasalahtersebutsehinggasiswadapatbelajarlebihsemangatdisampingmenumbuhkantanggungjawabkerjasamapersaingansehatsertaketerlibatanbelajarmelaluisuatuperlombaanatauturnamen.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahpenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTdapatmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarbiologisiswakelasVIIIFSMPNegeri3Gresik.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatifyangmerupakankolaborasiantaramahasiswadanguru.Penelitianinidilakukandenganmenggunakan2siklussiklusIberlangsungdaritanggal25Julisampai20Agustus2005dansiklusIIberlangsungdaritanggal24Agustussampai10September2005.IndikatorpeningkatanmotivasibelajarsiswadapatdilihatdariketertarikanterhadappembelajarankooperatifmodelTGTyangdisertaidengankesungguhandalambelajardikelassedangkanpeningkatanhasilbelajardilihatdarihasilmenjawabpertanyaan-pertanyaandalamturnamen.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTdapatmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarbiologisiswakelasVIIIFSMPNegeri3Gresik.PadasiklusItingkatmotivasibelajarsiswacukuptinggiyangditunjukkandenganhampirsemuasiswatertarikdenganpembelajarankooperatifmodelTGTpersentaseketuntasanhasilbelajarsiswasebesar57.5%.PadasiklusIItingkatmotivasibelajarsiswajugacukuptinggidansiswasangatantusiasdalampelaksanaanturnamensedangkanpersentaseketuntasanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmenjadi70%.DarihasilpenelitiandapatdiketahuibahwapembelajarankooperatifmodelTGTmemberikanpengaruhdandapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.JadipembelajarankooperatifmodelTGTdapatdigunakansebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranbiologiyangbaik.