Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 12 Malang kelas XI IA2 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) dalam pokok bahasan sistem indera pada manusia / Aria Styaningsih

Main Author: Styaningsih, Aria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/24615/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanobservasidanhasilwawancaradengangurubidangstudiBiologidiSMANegeri12MalangdiperolehinformasibahwamotivasidanhasilbelajarsebagianbesarsiswadalammatapelajaranBiologitergolongmasihrendah.ProsespembelajaranBiologidiSMANegeri12MalangsebenarnyasudahcukupbaikhanyasajaaplikasipembelajaranyangmengarahkanpadakemandiriansiswamasihbelumdapatdikembangkansebagaimanayangdiharapkanolehKTSP.Ketergantungansiswaterhadapgurudalamprosespembelajaranmasihsangattinggi.HalitukarenakelasmasihmenggunakanmetodeceramahtanyajawabataumembahasLembarKerjaSiswa(LKS)sehinggasiswatidakterlaluaktifdalampembelajarandankurangmenimbulkanmotivasidalamdirisiswauntukbelajarBiologi.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasXIIA2SMANegeri12MalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)dalampenelitianinidilakukanduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal7Mei2008sampaidengantanggal17Mei2008.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswadiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitespadasetiapakhirsiklus.Analisisdatadilakukansecaradeskriptifkualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswapadasiklusIsebesar6481%yangtermasukdalamkategoricukupsedangkanpadasiklusIImotivasibelajarsiswameningkatmenjadi8032%yangtermasukdalamkategoribaik.Motivasibelajarsiswamengalamipersentasepeningkatansebesar2393%.HasilbelajarsiswamenunjukkanbahwapadasiklusIskorrata-ratakelassebesar7781denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar6842%sedangkanpadasiklusIIskorrata-ratakelasmeningkatmenjadi8257denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar8648%.Skorrata-ratakelasmengalamipersentasepeningkatansebesar611%sedangkanketuntasanbelajarsecaraklasikalmengalamipersentasepeningkatansebesar2639%.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasXIIA2SMANegeri12Malang.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanbahwagurudapatmenggunakanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherpadapokokbahasanyanglain(selainsistemindera)sertapadajenjangpendidikanyanglainuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswa.GurudapatmenciptakansuatuvariasipembelajaransepertimenggabungkanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherataupembelajarankooperatifyanglaindengankegiatanpraktikumuntukmenghindariperasaanbosanpadasiswa.Gurudiharapkanlebihgiatmemantaujalannyadiskusikelompokagarsiswatidakberbicaradiluarmateripelajarandanbercandadengantemannyasehinggafokusperhatiansiswatertujupadakegiatanpembelajaran.