Pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligence) dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singosari melalui konser lingkungan pada pembelajaran biologi / Susanti Indah Perwitasari

Main Author: Perwitasari, Susanti Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24610/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPerwitasariSusantiIndah.2009.PengembanganKecerdasanMajemuk(MultipleIntelligence)danHasilBelajarSiswaKelasVIISMPNegeri1SingosarimelaluiKonserLingkunganpadaPembelajaranBiologi.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D(II)Dr.FatchurRohmanM.Si.KataKuncikecerdasanmajemukhasilbelajarkonserlingkunganpembelajaranbiologiDuniapendidikansebagairuangbagipeningkatankualitasgenerasibangsaharusdimulaidenganperubahancarapandangbahwapendidikanadalahbagianuntukmengembangkanpotensidayapikirdandayanalarsertapengembangankreativitasyangdimiliki.BerdasarkanhasilobservasiProsesBelajarMengajardiSMPN1Singosaridiketahuibahwadalampembelajarandikelasgurucenderunghanyamementingkantingkatkognisitanpamemberikankesempatankepadasiswauntukmengembangkanberagamkecerdasanyangdimiliki.Kecerdasanlogis-matematisseringdipandangdandihargailebihtinggidaripadajenis-jeniskecerdasanlainnya.Inovasi-inovasiyangbanyakdilakukanbaikdalambentukstrategimetodedanmediapembelajaranselamainimasihbelummampumengeksplorasikecerdasanmajemuksiswa.Inovasiyangditawarkandalampenelitianiniuntukmengeksplorasikecerdasanmajemuksiswaadalahmelaluikegiatankonseryangmeliputipertunjukanmusikpameransenidramapuisieksperimendanlainsebagainyayangdisebutsebagaikonserlingkungan.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.SubjekpenelitiantindakankelasiniadalahseluruhsiswakelasVIICsemestergenaptahunajaran2008/2009denganjumlah36orang.Penelitianiniterdiridari2siklus.Masing-masingdilaksanakansebagaiprosespengkajianberdauryangterdiridariempattahapgunamemecahkanpersoalanpenelitianyaitu(1)tahapperencanaantindakan(2)tahappelaksanaantindakan(3)tahapobservasidan(4)tahaprefleksi.Penelitianinimenggunakaninstrumenpedomanobservasikuesionerdansoaltes.Datapenelitiandianalisissecaradeskriptifkualitatifdenganpersentase.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)pelaksanaanpembelajaranbiologimelaluikonserlingkungandapatberlangsungdenganbaik.HaltersebutdapatdilihatdarihasilpenelitianyangdiperolehdatabahwapadasiklusIketerlaksanaan(keberhasilan)konserlingkunganolehsiswamencapai7413%dandikategorikanbaiksedangkanpadasiklusIIpersentasekeberhasilannyamencapai100%dandikategorikansangatbaik(2)penerapankonserlingkunganpadapembelajaranbiologidapatmeningkatkanhasilbelajar.PadasiklusIhasilbelajarsiswayangdiukurdengannilaiulanganharianmenunjukkanbahwasebanyak22siswa(611%)tuntasdanyangbelumtuntassebanyak14siswa(389%)denganrerata745.PadasiklusIIjumlahsiswayangtuntassebanyak29siswa(806%)danyangbelumtuntassebanyak7siswa(194%)denganrerata8075(3)pembelajaranbiologimelaluikonserlingkungandapatmengembangkankecerdasanmajemuk.PadasiklusIadadelapankecerdasanmajemukyangmunculdanhanya1kecerdasanyangtidakmunculyaitukecerdasanintrapersonal.PadasiklusIIterdapatsembilankecerdasanyangmunculdaniterjadipeningkatanpersentasepadasetiapkecerdasantersebutdan(4)sebagiansiswabersikapmenerimaterhadappenerapanpembelajarankonserlingkungan.Dengankonserlingkunganpadapembelajaranbiologisebanyak806%siswaberpendapatbahwakreativitasnyameningkat826%siswamerasalebihmudahmenangkapdanmemahamimaterisebanyak833%siswaberpendapatbahwabelajarbiologimelaluikonserlingkunganmembuatsuasanabelajarlebihmenarikdanmenyenangkan717%siswalebihberkesempatanmemupukperkembangandankeberanianmengambilinisiatifbertanggungjawabdanberdirisendiri.Sebanyak833%siswalebihtermotivasidalambelajar.Sebanyak833%siswaberpendapatmampumeningkatkanhubungankerjasamaantartemansetelahmelakukankegiatankonserlingkungan.Menurutpendapatsebanyak75%siswadapatmerombakpolapikiranakdidikdariyangsempitmenjadilebihluasdanmenyeluruhdalammemandangdanmemecahkanmasalahyangdihadapidalamkehidupan.