Penerapan inkuiri dalam pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajara biologi pokok bahasan keanekaragaman hayati kelas VII-G semester 1 SMP Negeri I Kepanjen tahun ajaran 2007/2008 / Finnarizky Estuningtyas
Main Author: | Finnarizky Estuningtyas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24599/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanobservasikelasVII-GSMPNegeri1Kepanjenmetodepem-belajaranyangdigunakanolehguruadalahdiskusidantanyajawabyangdilengkapipenjelasanmateriolehgurunamungurumasihsulitmemacusiswauntuklebihaktifbelajarsepertibertanyadanmengemukakanpendapat.Metodepembelajaranyangdapatmengatasimasalahtersebutadalahmetodepembelajarankooperatif.Pembel-ajarankooperatifmerupakanpembelajaranyangmemberikankesempatansiswauntukberdiskusibertukarpikiranberpendapatdanmengemukakangagasannyadenganbebas.PendidikanIPAdiarahkanuntukinkuiridanberbuatsehinggadapatmembantusiswauntukmemperolehpemahamanyanglebihmendalamtentangalamsekitar.Belajarinkuirimenumbuhkankemampuanberfikirbekerjadanbersikapilmiahpadasiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri1KepanjenmelaluipenerapaninkuiridalampembelajaranmodelSTAD.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandalam4siklus.PenelitiandilaksanakandiSMPNegeri1KepanjenpadabulanSeptember-Oktober2007.SubyekPenelitianiniadalahsiswakelasVII-GSMPNegeri1Kepanjenyangberjumlah36siswaterdiridari14siswalaki-lakidan22siswaperempuan.Datapenelitianiniberupaaktivitassiswaselamaprosespembelajarandanhasilbelajarsiswa.Dataaktivitasbelajarsiswadikumpulkanmelaluilembarobervasi.Datakemajuanhasilbelajarsiswadikumpulkanmelaluipemberiankuis.Siswamen-capaiketuntasanbelajarjikatelahmencapaiskor880570ketuntasanbelajarklasikalapabila85%ataulebihsiswayangmencapaiskor880570.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatan.AktivitasbelajarSalingketergantunganpositifpadasiklusIsebesar5428%meningkatmenjadi6380%padasiklusIIkemudianmeningkatmenjadi7333%padasiklusIIIdanmeningkatlagimenjadi8333%padasiklusIV.InteraksitatapmukapadasiklusIsebesar7714%meningkatmenjadi8285%padasiklusIIkemudianmeningkatmenjadi8611%padasiklusIIIdanmeningkatlagimenjadi9722%padasiklusIV.TanggungjawabperseoranganpadasiklusIsebesar6952%meningkatmenjadi8380%padasiklusIIkemudianmeningkatmenjadi9047%padasiklusIIIdanmeningkatlagimenjadi989%padasiklusIV.Keterampilanantar-personalpadasiklusIsebesar4857%meningkatmenjadi5142%padasiklusIIkemudianmeningkatmenjadi6142%padasiklusIIIdanmeningkatlagimenjadi8571%padasiklusIV.AktivitasbelajarInkuirisiswamengalamipeningkatanyaitupadasiklusIsebesar5942%meningkatmenjadisebesar7428%padasiklusIIkemudianmeningkatmenjadi8857%padasiklusIIIdanmeningkatlagimenjadi9542%padasiklusIV.Rata-ratanilaikuisakhirsiswamengalamipeningkatanyaitupadasiklusIsebesar7714meningkatmenjadi7764padasiklusIIkemudianmeningkatmenjadisebesar8125padasiklusIIIdanmeningkatlagimenjadi8916padasiklusIV.BerdasarkanpenelitianinidisarankanuntukmenerapkanbelajarinkuiridalampembelajarankooperatifmodelSTADpadapokokbahasanyanglainuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarbiologisiswakelasVII.