Penerapan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan siklus belajar dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar kognitif siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Purwosari Pasuruan / Imroatus Sholihah
Main Author: | Imroatus Sholihah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24596/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangdilakukandengangurubidangstudydiketahuibahwadiSMAN1PurwosariPasuruantelahmenerapkanKurikulumBerbasisKompetensi(KBK)mulaitahun2004.BeberapamodelpembelajaranjugatelahditerapkansepertimodeldiskusidanpresentasiJigsawGroupInvestigation(GI)STADdanlain-lain.GuruSMAN1Purwosarijugatelahmenerapkanpendekatankooperatifkonstruktivistikyangbertujuanmengaktifkankerjailmiahsiswadanbiasanyadilakukanbersamadengankegiatanpraktikum.Akantetapitidaksemuaindikatorkerjailmiahdapatdilaksanakan.Indikatordalamkerjailmiahyangbelummaksimaldilaksanakanadalahmerumuskanmasalahmerumuskanhipotesismenetapkanvariabeldanberargumentasiberdasarkandataataufakta.DaripermasalahandiatasdanberdasarkanhasildiskusidengangurubidangstudydisepakatimencobamodelSTADdengansiklusbelajaruntukmeningkatkankerjailmiahsiswamaupunmeningkatkanprestasibelajarkognitifsiswa.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuibahwapenerapanmodelSTADdengansiklusbelajardalampembelajaranbiologidapat(1)meningkatkankerjailmiahsiswakelasXIIPA3SMANegeri1PurwosasiPasuruan(2)meningkatkanprestasibelajarkognitifsiswakelasXIIPA3SMANegeri1PurwosariPasuruan.PendekatandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifjenispenelitianadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari2siklusmasing-masingsiklusterdiridaritahapperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Teknikpengambilandatadilakukandengancarapemberiantesobservasidandokumentasi.Datayangdiperolehdianalisissecaradeskriptif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)penerapanmodelSTADdengansiklusbelajardapatmeningkatkankerjailmiah(2)penerapanmodelSTADdengansiklusbelajardapatmeningkatkanprestasibelajarkognitifsiswa.Rata-ratakerjailmiahsiswameningkatdari92%menjadi100%dengankualitasbaiksekali.Rata-rataprestasibelajarkognitifsiswapadasiklusIyaitu654meningkatmenjadi900.Ketuntasanbelajarklasikalmeningkatdari525%menjadi925%padasiklusII.