Penerapan pembelajaran kooperatif model student teams-achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar biologi siswa kelas VII A SMP PGRI Purwosari Kabupaten Pasuruan / Ellyana
Main Author: | Ellyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24582/ |
Daftar Isi:
- PenelitianTindakanKelastelahdilakukandiSMPPGRIPurwosariKabupatenPasuruanpadabulanNopembertahun2006sampaidenganbulanJanuaritahun2007.PenelitidangurubidangstudibiologikelasVIIAdisekolahtersebutmelakukankolaborasiuntukmenemukanpermasalahandanpemecahanpermasalahanyangberkaitandenganpembelajaranbiologidikelas.Berdasarkanhasilobservasidiperolehbeberapapermasalahanyaitumodelpembelajaranyangdigunakangurubersifatmonoton(hanyaberceramah)motivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswamasihtergolongrendah.SalahsatuupayauntukmeningkatkanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswaadalahdenganmenerapkanmodelpembelajarankoperatifSTAD.Penerapanmodelpembelajaraninijugaakanmengatasipermasalahanmodelpembelajaranguruagarlebihvariatif.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuali-tatif.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasyangterdiridari2siklus.Masing-masingsiklusterdiridari3tahapanyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakandanpengamatansertarefleksi.MateriyangdiajarkanpadasiklusIadalahCiri-ciriMakhlukHidupsedangkanpadasiklusIIadalahKlasi-fikasiMakhlukHidup.Datayangdikumpulkandalampenelitianiniadalahdatatindakangurumotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswaselamamengikutipem-belajarankooperatifmodelSTAD.Analisisyangdigunakanuntukmengujihipo-tesistindakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Keber-hasilantindakangurudalammelaksanakanpembelajarankooperatifSTADpadasiklusIdansiklusIIadalah100%.Peningkatanmotivasibelajarsiswayaitusebesar108%untukaspekusaha65%untukaspekperhatiandan71%untukaspekpenampilan.PeningkatanaktivitasbelajarsiswapadakelompokIVsebesar15%kelompokVsebesar10%kelompokVIsebesar20%.KelompokIIIIIIVIIdanVIIItetapyaitusebesar100%.Peningkatanhasilbelajarsiswaditunjuk-kanolehadanyapeningkatanketuntasanbelajarklasikalsebesar1316%yaitudari7105%padasiklusImenjadi8421%padasiklusII.Berdasarkanhasilpenelitianyangdiperolehdapatdiberikansaransebagaiberikut.BagisekolahpelaksanaanpembelajarankooperatifSTADolehguruyangterampildankompetenhendaknyadapatdijadikansalahsatualternatifusahaperbaikanmutusekolahterutamapadapeningkatanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswa.BagigurupelaksanaanpembelajarankooperatifSTADmemer-lukanwaktuyangrelatiflama.Olehsebabituhendaknyagurudanmahasiswacalongurudapatmemanfaatkanwaktuseefektifdanseefisienmungkin.BagisiswapelaksanaanpembelajarankooperatifSTADhendaknyadijadikansaranauntuklebihmeningkatkanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarnya.