Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Dewantoro Purwosari Pasuruan / F.X. Gamaliel
Main Author: | F.X. Gamaliel |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24579/ |
Daftar Isi:
- ProsespembelajaranBiologidiSekolahMenengahPertamamembutuhkanstrategiyangdapatmenarikmotivasisiswadalambelajarsekaligusmelatihsiswamelakukanpenyelidikanmengenaimasalahyangdihadapi.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurubiologikelasVIISMPDewantoroPurwosaridiketahuibahwamotivasisiswarendahsehinggaprestasiyangdiraihjugarendah.Untukmengatasimasalahtersebutmakaupayayangharusdilakukanadalahmeningkatkanmotivasibelajarsiswasehinggaprestasisiswajugadapatmengalamipeningkatan.SalahsatuupayayangdapatdilakukanadalahdenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI).UntukitupenelitidenganpersetujuangurukelasmenerapkanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)untukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswapadapokokbahasanciri-cirimakhlukhidupdanklasifikasimakhlukhidup.PenelitiandilakukandiSMPDewantoroPurwosariPasuruantanggal20Novembersampai28Desember2006.PenelitianinidilaksanakandalamrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridariempattahapanyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SiklusImembahasciri-cirimakhlukhidupsedangkansiklusIImembahasklasifikasimakhlukhidup.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIISMPDewantoroPurwosariPasuruan.Analisisdatadilaksanakansecaradeskriptifkualitatifdenganmengkajisemuadatayangdiperoleh.SetelahpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)diterapkandiperolehhasilpenelitianyangmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanmotivasisertaprestasibelajarsiswa.TerjadipeningkatannilaipadasemuaaspekmotivasimenjadisangatbaikyaituaspekAttention(perhatian)naiksebesar073Relevance(keterkaitan)naiksebesar046Confidence(percayadiri)naiksebesar065danSatisfaction(kepuasan)naiksebesar030.Prestasibelajaryangterdiridariaspekkognitifafektifsertapsikomotorjugamengalamipeningkatan.Dalamaspekkognitifterjadipeningkatanketuntasanbelajarklasikalsiswayaitu81%padasiklusImenjadi875%padasiklusII.Untukaspekafektifyangterdiridariaspekkeaktifankeantusiasandankeseriusanterjadipeningkatandari60%padasiklusImenjadi89%padasiklusII.Aspekpsikomotoriksiswayangterdiridariaspekkreativitasdanprosesjugamengalamipeningkatandari50%padasiklusImenjadi80%padasiklusII.