Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Dewantoro Purwosari Pasuruan / F.X. Gamaliel

Main Author: F.X. Gamaliel
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24579/
Daftar Isi:
  • ProsespembelajaranBiologidiSekolahMenengahPertamamembutuhkanstrategiyangdapatmenarikmotivasisiswadalambelajarsekaligusmelatihsiswamelakukanpenyelidikanmengenaimasalahyangdihadapi.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurubiologikelasVIISMPDewantoroPurwosaridiketahuibahwamotivasisiswarendahsehinggaprestasiyangdiraihjugarendah.Untukmengatasimasalahtersebutmakaupayayangharusdilakukanadalahmeningkatkanmotivasibelajarsiswasehinggaprestasisiswajugadapatmengalamipeningkatan.SalahsatuupayayangdapatdilakukanadalahdenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI).UntukitupenelitidenganpersetujuangurukelasmenerapkanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)untukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswapadapokokbahasanciri-cirimakhlukhidupdanklasifikasimakhlukhidup.PenelitiandilakukandiSMPDewantoroPurwosariPasuruantanggal20Novembersampai28Desember2006.PenelitianinidilaksanakandalamrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridariempattahapanyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SiklusImembahasciri-cirimakhlukhidupsedangkansiklusIImembahasklasifikasimakhlukhidup.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIISMPDewantoroPurwosariPasuruan.Analisisdatadilaksanakansecaradeskriptifkualitatifdenganmengkajisemuadatayangdiperoleh.SetelahpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)diterapkandiperolehhasilpenelitianyangmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanmotivasisertaprestasibelajarsiswa.TerjadipeningkatannilaipadasemuaaspekmotivasimenjadisangatbaikyaituaspekAttention(perhatian)naiksebesar073Relevance(keterkaitan)naiksebesar046Confidence(percayadiri)naiksebesar065danSatisfaction(kepuasan)naiksebesar030.Prestasibelajaryangterdiridariaspekkognitifafektifsertapsikomotorjugamengalamipeningkatan.Dalamaspekkognitifterjadipeningkatanketuntasanbelajarklasikalsiswayaitu81%padasiklusImenjadi875%padasiklusII.Untukaspekafektifyangterdiridariaspekkeaktifankeantusiasandankeseriusanterjadipeningkatandari60%padasiklusImenjadi89%padasiklusII.Aspekpsikomotoriksiswayangterdiridariaspekkreativitasdanprosesjugamengalamipeningkatandari50%padasiklusImenjadi80%padasiklusII.