Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Ardhitya Dewi Kumalasari

Main Author: Ardhitya Dewi Kumalasari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/24578/
Daftar Isi:
  • ObservasiawalyangdilakukanpenelitiselamamelakukanPraktekPengalamanLapanganmenunjukkanbahwapembelajaranBiologidikelasX-1SMANegeri7Malangadabeberapamasalahantaralain(1)motivasibelajarsis-wasangatkuranghalituterlihatketikapembelajaranberlangsungsiswaselalura-maiberbicaradengantemandanseringijinkeluardantidakkembalikekelas(2)dalammenyelesaikansuatutugassiswadengankarakteristikyangsamacende-runguntukmengelompokmenjadisatutermasuksiswayangmerasamemilikike-mampuanyangsamajugamengelompokmenjadisatusehinggaterbentukkelom-pok-kelompokhomogenyangtidakseimbangdikelas(3)metodeceramahyangditerapkanolehgurutidakmenarikminatdanperhatiansiswauntukbelajarde-ngansungguh-sungguhsehinggamempengaruhihasilbelajarnyadimanasetiaptesselaluadasiswayangtidaktuntasbelajaryangjumlahnya880550%jumlahsiswadikelas.Berdasarkankondisitersebutmakadilakukanpenelitiandenganmengguna-kanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)untukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswa.JenispenelitianyangdigunakanadalahPTKdenganmenggunakanpende-katankualitatifdandirancangdalamduasiklus.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasX-1SMANegeri7Malangsemestergenaptahunajaran2006/2007.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)dapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswa.Motivasibelajarsiswameningkatsebesar3148%yaitudari4615%dengankategoricukuppadasiklusImenjadi7763%dengankategoribaikpadasiklusII.Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanterlihatdarinilairata-ratasiswasebesar8194%padasiklusImenjadi8918%padasiklusIIdansiswayangtuntasbelajarjugamengalamipeningkatandari7949%padasiklusImenjadi9744%padasiklusII.HasilangketjugamenunjukkanbahwasiswamenyukaidanlebihtermotivasiuntukbelajarBiologisetelahmengikutipembelajarandenganpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI).BerdasarkanpenelitiantersebutketikamenerapkanmetodepembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)gurudiharapkanlebihmemberibim-bingandanmemperhatikanpenggunaanwaktuselainitusebaiknyaguruBiologimenggunakanmetodepembelajaranyangbervariasidalamkegiatanpembelajaranagarmotivasidanhasilbelajarsiswameningkat.SalahsatumetodeyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswaadalahpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)sehinggametodepembelajaraninidisarankanuntukditerapkandikelas.Selainituperlujugadilakukanpenelitiansejenispadakonsep-konsepBiologiyanglain.