Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah melalui strategi kooperatif model STAD (Student Team-Achievement Divisions) untuk meningkatkan keterampilan proses dan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran biologi kelas VII-E SMP Negeri I Pujon / Kartika
Main Author: | Kartika Sari Dewi Kundalini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24563/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKundaliniKartikaSariDewi.2006.PenerapanPembelajaranBerdasarkanMasalahmelaluiStrategiKooperatifModelSTAD(StudentTeam-AchievementDivisions)untukMeningkatkanKeterampilanProsesdanKemampuanBerpikirSiswapadaMataPelajaranBiologiKelasVIIESMPNegeriIPujon.Skripsi.JurusanPendidikanBiologi.FMIPA.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.SitiZubaidahS.PdM.Pd(II)Dra.AmyTenzerM.S.KataKunciKooperatifModelSTADPembelajaranBerdasarkanMasalahKeterampilanProsesKemampuanBerpikir.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatapelajaranbiologiSMPNegeriIPujondiketahuibahwasekolahtersebutsudahmenerapkanKBKsejaktahun2004tetapipadakenyataannyapembelajaranbiologimasihseringdidominasidenganmetodekonvensional.Halinimenyebabkansiswaterlihatkurangaktifkurangterlatihuntukberpikirsecaramandiritidakbanyakterlibatdalamkegiatanpembelajarandanketerampilanprosessiswabelumnampak.Disekitarhalamansekolahterdapatberbagaijenismakhlukhidupyangdapatdimanfaatkansebagaimediapembelajaransecaralangsungdankontekstual.Potensisekitarhalamansekolahbelumtermanfaatkansecaramaksimaluntukpembelajaranbiologi.OlehkarenaitupenelitiinginmenerapkansalahsatustrategiyangdigunakanuntukpembelajarandenganmemanfaatkanalamsekitaryaituPBMdenganSTAD.PBMmenuntutsiswauntukmenemukanmasalah-masalahyangakandipelajarisecaramandiridanuntuklebihaktifselamaprosesbelajarmengajarsedangkanStrategikooperatifmodelSTADakandapatmendorongsiswauntukbekerjasamadalamkelompok-kelompokuntukmenyelesaikantugas.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)untukmeningkatkanketerampilanprosessiswadenganpenerapanPBMmelaluipembelajarankooperatifmodelSTAD(2)untukmeningkatkankemampuanberpikirsiswadenganpenerapanPBMmelaluipembelajarankooperatifmodelSTAD.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdirancangdalam2siklus.PenelitiandilakukanpadabulanJuli-Agustus2006dengansubyekpenelitiansiswakelasVIIESMPNegeriIPujonyangberjumlah35orang.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahlembarobservasiketerampilanprosesyangdigunakanuntukmengukurketerampilanprosessiswasoaltesyangdigunakanuntukmengukurkemampuanberpikirsiswayangdilakukanpadatesakhirsiklusLKSdigunakanuntukmemperolehdataketerampilanprosessiswayangbelumteramatiselamaprosespembelajarandancatatanlapanganyangdigunakansebagaidatapenunjang.Analisisdatayangdigunakansecaradeskriptifkualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaPenerapanPembelajaranBerdasarkanMasalahmelaluistrategikooperatifmodelSTADsecaraumumdapatmeningkatkanketerampilanprosesdankemampuanberpikirsiswakelasVIIESMPNegeriIPujon.Aspekketerampilanprosesmengobservasimeningkat75%mengklasifikasi16%mengukur2%berkomunikasi39%danmenyimpulkan2175%darisiklusIkesiklusII.Untukkemampuanberpikirsiswamelaluitesmengalamipeningkatanskorsebesar794darisiklusIkesiklusIIyaitupadasiklusIsebesar4269danpadasiklusIIsebesar5063.KemampuanberpikirsiswanontesyangmeliputikemampuanbertanyadanmenjawabtidakmenunjukkanadanyapeningkatandarisiklusIkesiklusIIditinjaudarisegikuantitasdankualitasnya.PersentaseterbesarkualitaspertanyaansiswasecaraindividualmaupunsecaraklasikalpadasiklusIdansiklusIIberadapadakategori3yaitupengajuanpertanyaandalamkalimatpendek(tingkatkognitifBloomke1-3)benarlengkapjelasmenunjukkanpadapemahamankonsepgramatikabahasabaikdanbenarsusunankalimattepatdansistematis.UntukpersentaseterbesarkualitasjawabansiswasecaraindividualpadasiklusIdanIIberadapadakategori5yaitujawabanbenarkemampuanmenganalisistinggibahasayangdigunakanbaik.Sedangkanpersentaseterbesarkalitasjawabansiswasecaraklasikalberadapadakategori4yaitujawabanbenarkemampuanmenganalisistinggibahasayangdigunakankurangbaik.