Peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-A SMPN 2 Purwosari melalui pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams-Achievement Divisions) berbasis kontekstual / Maya Fatimah
Main Author: | Maya Fatimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24561/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilobservasiawalpenelitimenunjukkanbahwasiswadikelasVII-ASMPN2Purwosarimemilikimotivasibelajaryangrendah.Disampingitusebagianbesarsiswamemilikikemampuanbelajaryangrendahdibandingkandengankelas-kelaslainnya.DisisilainsiswatidakmemilikibukupenunjuangatauLKS(LembarKegiatanSiswa)yangdapatmenunjangkegiatanbelajarsiswadikelas.Bertolakdarifenomenayangditemukandilapanganmakapenelitikemudianmelakukanpenelitiandengantujuanuntuk(1)mengetahuipeningkatanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVII-AmelaluipembelajarankooperatifmodelSTAD(StudentTeams-AchievementDivisions)berbasiskontekstual(2)mendeskripsikanpeningkatanmotivasisiswamelaluipembelajarankooperatifmodelSTADberbasiskontekstual(3)mendeskripsikanpeningkatanaktivitassiswamelaluipembelajarankooperatifmodelSTADberbasiskontekstualdan(4)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswamelaluipembelajarankooperatifmodelSTADberbasiskontekstual.Adapunjenispenilitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitataifdimanadatayangdikumpulkanberupakata-kataatauangkayangdijabarkandalamkalimat.Tahapanpelaksanaanpenelitianinidimulaidariobservasiawal.Setelahdilakukanrefleksimakadisusunlahrencanatindakanyangdisusuldenganpelaksanaanrencanatindakanobservasidanrefleksi.Demikiangambarantahapanpelaksanaanpenelitianyangdilakukansampaidengansiklusketiga.Penelitimengobservasimotivasidanaktivitaskooperatifsiswadenganmenggunakaninstrumentberupalembarobservasi.PenelitijugamelihatperubahanmotivasisiswadariangketyangdiberikanpadaawaldanakhirpenelitiansertamembagikanangkettanggapankepadasiswapadaakhirpertemuansiklusIII.BerdasarkanhasilanalisisdatadanpembahasanmakadapatdisimpulkanbahwapembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVII-ASMPN2Purwosari.Adapunhasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapeningkatanmotivasibelajarsiswa.Reratapersentasekeberhasilantindakanmengalamipeningkatansebanyak95%darisiklusIIdan83%darisiklusIII.Sedangkanaktivitassiswajugamengalamipeningkatansebesar74%darisiklusIIdan103%darisiklusIII.HasilbelajarsiswapadasiklusIImengalamipenurunansebanyak1977%.SedangkanpadasiklusIIImengalamipeningkatansebanyak50%.