Penerapan pembelajaran kooperatif model student team achievement division (STAD) dengan menggunakan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah, aktivitas, dan prestasi belajar biologi siswa kelas VII E SMPN 1 Purwosari Pasuruan tahun aja
Main Author: | Effrila Dianitasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24558/ |
Daftar Isi:
- PembelajaranIPA(termasukbiologi)sebaiknyadilaksanakansecarainkui-riilmiah(scientificinquiry)untukmenumbuhkankemampuanberfikirbekerjadanbersikapilmiahsertamengkomunikasikannyasebagaiaspekpentingkecakap-anhidup.PenelitidangurubiologikelasVIIESMPN1Purwosarimelakukanko-laborasiuntukmenentukanmasalahdalampembelajaran.Berdasarkanhasilko-laborasitersebutpenelitidangurumenemukanbeberapamasalahyangperluse-geradiperbaiki.Masalahtersebutadalahkurangnyakemampuansiswadalammelakukankerjailmiahaktivitasbelajarsiswadalamkelompokdanprestasibelajarnyasangatrendah.OlehsebabitudenganpersetujuandarigurukelastersebutpenelitimenerapkanpembelajarankooperatifmodelSTADdenganmenggunakanpendekataninkuiriuntukmeningkatkankemampuankerjailmiahaktivitasdanprestasibelajarsiswa.PenelitiandilaksanakandalamrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari2siklus.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri1PurwosariPas-uruantanggal20Nopembersampaidengan20Desember2006.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIESMPN1PurwosariPasuruan.Analisisdilaksanakanse-caradeskriptifkualitatifdenganmengkajisemuadatayangdikumpulkanmelaluilembarobservasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapeningkatankemampuankerjailmiahaktivitasdanprestasibelajarsiswa.Peningkatankerjailmiahsiswatam-pakdarikemampuansiswadalammerumuskanmasalahmerumuskanhipotesismelakukanpenelitianmengumpulkandatamenganalisisdatamenyimpulkanha-silpenelitianmembuatlaporanmempresentasikanlaporanmenghargaipendapatoranglaindanmampuberargumentasiilmiah.KemampuankerjailmiahsiswadarisiklusIkesiklusIIuntukkelompokImeningkatsebesar20%kelompokII40%kelompokIII50%kelompokIV40%kelompokV60%kelompokVI50%kelompokVII50%kelompokVIIItidakadapeningkatantetapikelompoktersebuttelahmencapai90%dariindikatoryangada.AktivitasbelajarkooperatifsiswauntukkelompokImeningkatsebesar289%kelompokII40%kelompokIII44%kelompokIV289%kelompokV445kelompokVI2.2%kelompokVIII15.6%sedangkanuntukkelompokVIItidakadapeningkatankarenake-lompoktersebuttelahmencapaisemuaindikatoraktivitaskooperatifyangada.PeningkatanprestasibelajarsiswadapatdilihatdariketuntasanbelajarsiswapadasiklusIdansiklusII.PadasiklusIketuntasanbelajarklasikalsiswahanyamencapai625%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi100%.Beberapasaranyangdapatdiberikanpenelitisehubungandenganpeneliti-anyangtelahdilaksanakanantaralainadalahsebagaiberikut.Bagisekolahhasilpenelitianinidiharapkandapatmenjadibahanpertimbangandalamupayamem-perbaikipenerapanstrategipembelajarandiSMPN1PurwosariPasuruankarenapenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADdenganmenggunakanpende-kataninkuiritelahterbuktidapatmeningkatkankemampuankerjailmiahaktiv-itasdanprestasibelajarsiswa.Bagiguruyanghendakmenerapkanpembelajaraninihendaknyalebihkreatifdalammenyajikansebuahfenomenayangdapatmem-buatkonflikkognitifbagisiswakarenadengandiawalikonflikkognitiftersebutsiswadapatmembuatrumusanmasalahmenyusunhipotesisdandiharapkanda-patmemecahkanmasalahyangmerekatemukan.BagisiswahendaknyalebihmeningkatkankemampuankerjailmiahkarenakerjailmiahsangatpentingdalampembelajaranIPAtermasukbiologi.Bagipenelitilainsebaiknyadalamme-laksanakanpembelajaraninipenelitimelakukannyadalamrentangwaktuyanglebihpanjanglebihdari2siklustindakan.Halinibertujuanagarpenelitidapatlebihmengoptimalkankemampuankerjailmiahaktivitasdanprestasibelajarsiswa.SelainitupenelitidapatmencobamerancangsuatustrategibarudenganmenggabungkanmetodeinkuiridanpembelajarankooperatifmodelyanglainmisalnyaTGTuntukmemperbaikiprosespembelajarandikelas.