Peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar sains biologi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Sukorejo Kabupate Pasuruan melalui penerapan pembelajaran kooperatif STAD dalam siklus belajar / Azwirda Frist Kharisma Anggoro Putri
Main Author: | Azwirda Frist Kharisma Anggoro Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24555/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilobservasidandiskusidengangurubidangstudiSainsBiologidikelasVIIASMPNegeri2SukorejoPasuruanpadabulanOktober2006diketahuibahwasiswamemilikimotivasibelajaryangrendahdalamkegiat-anpembelajaran.Siswatampakkurangantusiasdalamkegiatanpembelajarantidakbanyaksiswayangmaubertanyatentangmateripelajaranyangbelumjelas.Kemampuanakademiksiswatergolongrendahdari33siswayangadahanya515%yangtuntasbelajar.HalinimenunjukkanmasihbanyaksiswayangbelummencapaiStandarKetuntasanMinimal(SKM)yangditentukanolehsekolahyaitu60.Gurujarangmenerapkanpembelajarankooperatifdalampengelolaankelas-nyamasihcenderungmemilihmetodeceramah.SelainitupadaumumnyagurumasihbanyakberorientasipadamateridaribukuteksBiologi.PenelitianinimenerapkanpembelajarankooperatifSTADyangtahapanpembelajarannyamenggunakansiklusbelajar.Padapembelajaraninisiswadi-organisasikandalambentukkelompokkecilyangheterogenuntukmenemukankonsepsendirisecarabertahapmulaitahapeksplorasieksplanasiekspansisampaitahapevaluasi.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapembelajarankooperatifSTADdalamsiklusbelajardapatmeningkatkanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarSainsBiologisiswakelasVIIASMPNegeri2SukorejoPasuruan.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukandalam2siklus.Masing-masingsiklusterdiridariempattahapyaitupe-rencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitianinidilakukandikelasVIIASMPNegeri2SukorejoPasuruanyangdilaksanakanmulaibulanNovember2006-Januari2007.InstrumenyangdigunakandalampenelitianiniyaituwawancaraLembarKegiatanSiswa(LKS)soalteslembarobservasimotivasibelajardanaktivitaskooperatifsertaangketuntukmengetahuibagaimanatanggapansiswamengenaipembelajaranyangditerapkan.Berdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilakukandiketahuibahwape-nerapanpembelajarankooperatifSTADdalamsiklusbelajardapatmeningkatkanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarSainsBiologisiswakelasVIIASMPNegeri2SukorejoPasuruan.Motivasibelajarsiswamengalamipeningkatandari547%padasiklusImenjadi642%padasiklusII.Aktivitaskooperatifbelajarsiswame-ngalamipeningkatandari624%padasiklusImenjadi738%padasiklusII.Se-lainituhasilbelajarsiswakelasVIIASMPNegeri2Sukorejojugamengalamipeningkatan.Ketuntasanbelajarsiswamengalamipeningkatandari515%menjadi758%padasiklusIdanmenjadi909%padasiklusII.