Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII A di SMPN 2 Beji Pasuruan / oleh Nurul Indriani
Main Author: | Nurul Indriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24551/ |
Daftar Isi:
- LatarbelakangpenelitianiniadalahadanyakondisiawalsiswaSMPNegeri2BejiPasuruanyangberanekaragamyangdiperkirakandapatmempe-ngaruhiprestasibelajarnya.SecarakeseluruhankualitasinputyangmasukdiSMP2BejiuntuksiswakelasVIIIlebihrendahjikadibandingdengankualitasinputsiswakelasVIIdankelasIX.PenelitiandilakukanpadakelasVIIIA.BerdasarkandataprestasibelajarsiswakelasVIIIAtidakmerata.Beberapaorangsiswamempunyaiprestasibelajardiatasprestasibelajarsiswayanglaindanperbedaantersebutterlihatcukupbesar.ModelpembelajaranyangdipilihadalahmodelSTADdenganalasanbahwametodeinimudahditerapkanpadasemuapokokbahasandandapatmengatasipermasalahanbesarnyaperbedaanprestasisiswadalamsatukelas.PenelitianinibertujuanmenemukanlangkahpembelajaranuntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarbiologisiswakelasVIIIAdiSMPN2BejiPasuruanmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelSTAD(StudentTeamsAchievementDivisions).PembelajarankooperatifmodelSTADadalahsuatumetodepembelajaranyangmenuntutsiswauntukaktifbekerjasamadalamkelompokkecilyangterdiridari4-5orangsiswayangheterogendilihatdarisegiprestasisukujeniskelamindanagamauntukmemahamikonsepyangsedangdipelajari.PembelajarankooperatifmodelSTADterdiridaribeberapatahapyaitupenyajianmaterikegiatanbelajardalamkelompoktesindividualdanpemberianpenghargaanbagikelompokyangmampumencapaikriteriatertentu.PenelitianyangdilaksanakaninimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).Seluruhprosesyangdilaksanakandimaksudkanuntukmeningkatkankualitastindakandidalamkeseluruhanprosespembelajaransebagaiupayauntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.Pendekatanyangdilakukandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif.Penelitianinidilaksanakandalamtigasiklusdanpadasetiapsiklusterdiridariempattahapyaiturencanatindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.PenelitiandilakukandiSMP2BejiPasuruan.Subyekpenelitianadalahsiswa-siswakelasVIIIAsemesterganjiltahunajaran2005/2006.PenelitianinidilakukandaribulanJunisampaibulanAgustustahun2006.Datamotivasibelajarsiswayangdiperolehdarikegiatanpenelitiandihitungpersentasenyadengancarajumlahsiswayangmunculpadasetiapdeskriptordibagijumlahsiswadalamsatukelasdikalikanseratuspersen.Selanjutnyadatadianalisissecaradeskriptifberdasarkantarafkeberhasilantindakan.Dataprestasibelajarsiswadianalisisdenganmencaripersentaseketuntasanbelajarsiswayaitudenganmenganalisisdatahasiltesmenggunakankriteriaketuntasanbelajar.PadapenelitianinipenelitimenggunakankriteriaketuntasanbelajarbiologiyangdigunakandiSMPN2BejiPasuruan.Ketuntasanbelajarsiswatercapaiapabilasiswamemperolehskordiatasatausamadengan675danketuntasanbelajarklasikalapabila85%siswadikelastersebuttelahmencapaiskor8805675.Ketuntasanbelajarklasikaldapatdihitungdengancaramembagijumlahsiswayangmemperolehskor8805675denganjumlahsiswayangmengikutites.SementaraitudatamengenairesponsiswaterhadappenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADdianalisissecaradeskriptifsetelahdicaripersentasenyadengancaramembagijumlahsiswayangmenjawabsetiappilihandenganjumlahsiswakeseluruhandalamsatukelaskemudiandikalikanseratuspersen.HasildaripenelitianiniadalahpenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanmotivasibelajarbiologisiswa.Peningkatanmotivasitersebutdapatdilihatdaripeningkatanpersentaseaktivitasbelajarsiswa.PadaSiklusIpersentaseaktivitasbelajarsiswasebesar5875%9(Cukup)kemudianmeningkatmenjadi693%(Baik)padasiklusIIdanmeningkatlagimenjadi779%(Baik)padaSiklusIII.PenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanprestasibelajarbiologisiswa.PadaSiklusIketuntasanbelajarklasikalsebesar378%kemudianmenjadi5946%padaSiklusIIdanmeningkatmenjadi784%padaSiklusIII.