Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas III SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / oleh Dian Siskarini

Main Author: Dian Siskarini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/24546/
Daftar Isi:
  • Padaabad21inidiperlukansumberdayamanusiadengankualitastinggiyangmemilikikeahlianmampubekerjasamadenganoranglainberfikirkritisterampilkreatifmemahamiberbagaibudayakemampuankomunikasikemampuankomputerdanmampubelajarmandiri(lifelonglearning)sebabbangkitnyamanusiatergantungpadapemikirannya.Seseorangitudikatakanbangkitapabilaterjadipeningkatantarafberfikirdantingkahlakunyadalamkehidupanindividumaupunmasyarakat.Mengantisipasikebutuhansumberdayamanusiadalammenghadapiabadpengetahuaninisektorpendidikanformalmemegangperananyangsangatpenting.Kondisisemacaminimenuntutadanyaperbaikansistempendidikannasional.Salahsatuupayayangtelahdilakukanolehpemerintahadalahmenyempurnakankurikulum.KurikulumyangdisempurnakansaatiniyaituKurikulumBerbasisKompetensi(KBK)yangmenekankanpadaketercapaiankompetensi-kompetensisiswadenganpenyampaiandalampembelajaranmenggunakanpendekatandanmetodeyangbervariasiberorientasipadahasilbelajarSalahsatusekolahdasaryangsudahmenerapkanKBKadalahSDLaboratoriumUniversitasNegeriMalangnamunberdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasIIISDLaboratoriumUniversitasNegeriMalangtampakbahwakemampuanberpikirsiswamasihrendah.Rendahnyakemampuanberpikirsiswaterlihatdarikualitasjawaban-jawabanyangdiberikansiswadanpertanyaan-pertanyaanyangdiajukanolehsiswasaatprosesbelajarmengajarberlangsung.Biladitinjaudarikegiatanpembelajarankhususnyapadamatapelajaransainsmasihberpusatpadagurudansiswacenderungpasif.Olehkarenaitupenelitimenganggappentingmengadakanpenelitiangunameningkatkankemampuanberpikirsiswa.PBM(pembelajaranberbasismasalah)yangmerupakansalahsatustrategidaripendekatanpembelajarankontekstualdigunakandalampenelitianiniuntukmencapaitujuanyaitumeningkatkankemampuanberpikirpadasiswaKelasIIISDLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Pendekatanyangdigunakanadalahpendekatankualitatif.JenispenelitiannyaadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Datahasilpenelitiandianalisissecaradiskriptif.TempatpelaksanaannyadiSDLaboratoriumUniversitasNegeriMalangdengansubyekpenelitiansiswakelasIIIByangberjumlah42anakyangterdiridari20putridan22putradandilaksanakanmulaitanggal18Agustussampaidengan29September2005.HasilpenelitiansetelahditerapkanPBMpadamatapelajaransainsdenganpokokbahasanPerubahanPadaMakhlukHidupdanLingkunganSehatdanLingkunganYangTidakSehatmenunjukkanadanyapeningkatankemampuanberpikirsiswa.IndikatoradanyapeningkatankemampuanberpikirsiswadarisiklusIkesiklusIIadalahadanyakenaikanskorLKSdanhasiltes.PadapensekoranLKSdilihatdariaspekpembuatanpertanyaandarisiklusIkesiklusIImeningkatsebesar1135%dariaspekpembuatanhipotesismeningkatsebesar6008%dariaspekpengumpulaninformasimeningkatsebesar3983%sedangkandariaspekpembuatankesimpulanmeningkatsebesar36%.JadisecarakeseluruhanterjadipeningkatandarisiklusIkesiklusIIsebesar3399%.Biladilihatdarihasiltesmakasiswayangmengalamipeningkatankemampuanberpikirsebesar83%.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagardidalampembelajaransainsdigunakanPBM(pembelajaranberbasismasalah)untukmeningkatkankemampuanberpikirsiswa.