Penerapan Hands on Activity melalui inkuiri berbasis wilayah industri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-I semester gasal SMP Negeri 1 Gresik / oleh Lies Farida Ulfah
Main Author: | Lies Farida Ulfah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24545/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKusumaRinaRahmawati.2007.PertanyaanPresenterpadaAcaraTopikMingguInidiSCTV.SkripsiProgramStudiBahasadanSastraIndonesia.FakultasSastra.ProgramSarjanaS1UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SumadiM.Pddan(II)Dra.MartutikM.PdKatakuncikalimattanyapresentertindakbertanyanarasumberTopikMingguIniadalahsebuahacaraberdurasi60menityangdikemasdalamkonsepwawancarauntukmembahassuatutopikfaktualdimasyarakat.Acarainimenarikuntukditelitikarenacaraparapresenterdalammenggaliinformasimerekamendayagunakanbentukkalimattanyadanmemerankantindakujardenganmenggunakanpertanyaan.AdapuntujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanbentukkalimattanyadantindakbertanyayangdiperankanpresenterTopikMingguInidiSCTV.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Datayangdiambilberupadatainformandandataintrospektif.Datainformanyaituujaranpresenterdannarasumberyangmenjadidatautama.Dataintrospektifmerupakandatapelengkapberupacatatanlapangan.Datadidapatdarisubjekpenelitianyaknipresentersebagaisubjekutamadannarasumbersebagaikonteks.Ujaranpresentermerupakanfokusutamadalampenelitianinisedangkanujarannarasumbersebagaiketeranganpelengkap.Pengumpulandatautamadilakukandenganmengobservasidanintrospeksi.Observasidilaksanakandenganmelakukankegiatanperekamanmenggunakancasetterecorderdancatatanlapangan.AnalisisdatadalampenelitianinidiadaptasidariMilesdanHuberman(1992)denganlangkahreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan/verifikasi.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwabentukkalimattanyapresenterditandaidenganhadirnyaintonasitanyakatatanyadanpartikeltanya.Bentukkalimattanyapresenterditandaidenganpenggunaanintonasitanyapolaintonasikalimattanyayangdigunakanbervariasidisesuaikandenganunsurpembentukkalimattanya.Bentukkalimattanyayangdipergunakanpresenterditandaikehadirankatatanyameliputi(1)katatanyaapadenganvariasiapasajaapasihapasajasihsepertiapaletaknyaadayangdiawaltengahdanakhirkalimatyangmendudukifungsiSPOdanK(2)katatanyasiapavariasinyahanyavariasiletakyaitudiawaldandiakhirkalimatyangmendudukifungsiPdanS(3)katatanyamengapabervariasidalampenggunaannyayaitumengapakenapadankenapa-napayangmendudukifungsiPdanKletaknyadiawaldandiakhirkalimat(4)katatanyaberapadenganvariasiseberapayangletaknyadiawaldandiakhirkalimatmendudukifungsiK(5)katatanyabagaimanayangmendudukifungsiPdanKterletakdiawaldanditengahkalimat(6)katatanyakapanyangletaknyadiawaldandiakhirkalimatmendudukifungsiK(7)katatanyamanadenganvariasidarimanadimanadandikemanakansihterletakdiawaldanditengahkalimatmendudukifungsiSPdanK.Bentukkalimattanyayangdiujarkanpresenterditandaidengankehadiranpartikeltanyameliputi(1)partikelapa(2)partikelkah(3)partikelkan(4)partikelya(5)partikelmasadan(6)partikelkok.Partikel-partikeltersebuttidakmendudukifungsiapapundalamkalimattanyapresenterkehadirannyahanyasebagaipenandapertanyaansaja.Bentukkalimattanyapresentermengandungsejumlahpenandatidakformalyaitumunculnyapartikelsihkatanggakajanahbagi-bagisikut-sikutansamakenapa-napamacem-macemkatagantidiauntukseorangtokohdankatabuat.Selanjutnyadalamkalimattanyapresenterjugaditemukanadanyapenandakekhasanbahasalisanyaitumunculnyaujaranyakujaranokeujaran/e/danpengulangankatayang.PenggunaanbentukpertanyaanolehpresenterSCTVtidakjauhberbedadenganpenggunaanbentukkalimattanyapadaumumnya(yangseringdilakukanolehpresenter-presenterstasiunTVlain).HasilpenelitianterhadaptindakbertanyayangdiperankanpresenterTopikMingguInidiSCTVmenunjukkanyaitu(1)tindakrepresentatif(2)tindakdirektif(3)tindakekspresif(4)tindakkomisifdan(5)tindakdeklaratif.Masing-masingtindakdirealisasikandalambeberapasubtindaktindakrepresentatifdiwujudkandalamtigasubtindaktindakdirektifdiwujudkandalamdelapansubtindaktindakekspresifdiwujudkandalamenamsubtindaktindakkomisifdiwujudkandalamempattindakdantindakdeklaratifdiwujudkandalamtigasubtindak.Masing-masingtindakdiperankandenganmenggunakankalimattanyabaikyangmenggunakanintonasitanyakatatanyamaupunpartikeltanya.TindakbertanyayangdiperankanolehpresentermerepresentasikankekhasankonsepacaraTopikMingguInidiSCTVyangseringmengangkattopikdalambentukpertanyaandanpresentercenderungmendesaknarasumberdenganmendayagunakanpertanyaanmenggaliuntukmendapatkaninformasiyangrincisertapresenterseringkalimengutarakanargumensebelummengemukakanpertanyaan.Padasaatmemerankantindakbertanyapresenterterkadangmelakukanpenyimpangannorma.Penyimpangantersebutterlihatpadasaatpresenterbermaksudmengontrolarahpembicaraandenganmemotongujaran.Berkaitandenganhasilpenelitianinidiajukanbeberapasaranyaitu(1)perluasanobjekpenelitianpertanyaanpresentermisalnyaanalisiskarakteristikpertanyaanmenggaliinformasiyangdiperankanpresentertelevisi(2)pemanfaatanperistiwainteraksikebahasaansebagaipenambahpengetahuandanwawasanberbahasa(3)perluasanbidangkajiankomunikasiinteraktifditelevisi.Saran-sarantersebutbisadijadikansebagaidasarpengembanganbidangkajiandalampenelitiantentangfenomenakebahasaan.