Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi perkembangan konsep reaksi redoks terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwosari / Guntur Aji Febrianto

Main Author: Febrianto, Guntur Aji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/24535/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelPembelajaranKooperatifTipeJigsawMotivasiBelajarHasilBelajar.Pendidikanadalahusahasadaryangdilakukanolehkeluargamasyarakatdanpemerintahmelaluikegiatanbimbinganpengajarandanataulatihanyangberlangsungdisekolahdandiluarsekolahsepanjanghayat.DiIndonesiatelahdilakukanberbagaiupayauntukmeningkatkanSDMmelaluipendidikanyaitudenganmengubahdanmemperbaikikurikulumpendidikannya.SaatinipendidikandiIndonesialebihcondongmenggunakanpendekatankonstruktivistik.SalahsatupenerapanpendekatankonstruktivistikadalahpembelajaranyangmenggunakanmodelpembelajarankooperatifyangsalahsatunyaadalahtipeJigsawyangdigunakandalampemberianmateripelajaranperkembangankonsepreaksiredokskepadasiswa.Pemilihanmodelpembelajaraninididasarkanpadakesesuaianmodelpembelajaranjigsawdenganmateritersebut.Dalammateritersebutterdapattigapokokbahasanyangterpisahtetapimasihberhubunganyaitupadapokokbahasanperkembangankonsepreaksireduksidanoksidasiyangterdiridaritigakonsepyangberbeda.AdanyatigakonsepyangberbedadanmasihberhubungantersebutmakatigasubpokokbahasantersebutmemungkinkanuntukdapatdibahassecaraterpisahsehinggadapatdigunakansebagaidasaruntukpembagiankelompokahlidalampembelajarankooperatiftipeJigsaw.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuiperbedaanmotivasibelajardanhasilbelajarantarasiswayangpembelajarannyamenggunakanmodelpembelajarantipeJigsawdengansiswayangpembelajarannyamenggunakanmetodekonvensionalpadamateriperkembangankonsepreaksiredoks.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)dandeskriptifkuantitatif.KelaseksperimenmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawdankelaskontrolmenggunakanmetodekonvensional.PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXSMANegeri1Purwosaritahunajaran2010/2011.PengambilansampeldilakukandenganteknikrandomsederhanadenganundiankelassehinggaterpilihduakelasyaitukelasX-7sebagaikelaseksperimendankelasX-2sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenpembelajaran(silabusRPPhandoutLKSdanlembarpenilaian)daninstrumenpengukuran(teshasilbelajarangketmotivasidanlembarobservasi).Instrumenteshasilbelajarterdiridari25butirsoaldenganvaliditasisi96%danreliabilitassebesar0813.Analisisdatapenelitiandilakukandengananalisisdeskriptifdananalisisstatistikkuantitatifberupaujitdengantarafsignifikansi9450050.AnalisisdatadilakukandenganbantuanprogramSPSS16forWindow.iiHasilpenelitianmenunjukanbahwapembelajarankooperatiftipeJigsawdapatberjalandenganbaikhalinidibuktikandengantahappelaksanaanpembelajaranyangsesuaidenganRPP.Motivasibelajarkelaseksperimenlebihtinggidibandingkandenganmotivasibelajarkelaskontrol.Padakelaseksperimenpersentasekeseluruhansiswayangtermotivasisebesar825%sedangkanpadakelaskontrolhanya65%.Hasilbelajarkelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontroldengannilairata-ratakelaseksperimensebesar610sedangkannilairata-ratakelaskontrolsebesar501.Berdasarkanujitdiperolehnilaithitungsebesar3776danttabelsebesar1991sehinggahasilbelajarkeduakelasterbuktiberbeda.OlehkarenaitupenggunaanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.iiiABSTRACTFebriantoGunturAji.2011.TheEffectsonAdoptionofCooperativeLearning