Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi perkembangan konsep reaksi redoks terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwosari / Guntur Aji Febrianto
Main Author: | Febrianto, Guntur Aji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/24535/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelPembelajaranKooperatifTipeJigsawMotivasiBelajarHasilBelajar.Pendidikanadalahusahasadaryangdilakukanolehkeluargamasyarakatdanpemerintahmelaluikegiatanbimbinganpengajarandanataulatihanyangberlangsungdisekolahdandiluarsekolahsepanjanghayat.DiIndonesiatelahdilakukanberbagaiupayauntukmeningkatkanSDMmelaluipendidikanyaitudenganmengubahdanmemperbaikikurikulumpendidikannya.SaatinipendidikandiIndonesialebihcondongmenggunakanpendekatankonstruktivistik.SalahsatupenerapanpendekatankonstruktivistikadalahpembelajaranyangmenggunakanmodelpembelajarankooperatifyangsalahsatunyaadalahtipeJigsawyangdigunakandalampemberianmateripelajaranperkembangankonsepreaksiredokskepadasiswa.Pemilihanmodelpembelajaraninididasarkanpadakesesuaianmodelpembelajaranjigsawdenganmateritersebut.Dalammateritersebutterdapattigapokokbahasanyangterpisahtetapimasihberhubunganyaitupadapokokbahasanperkembangankonsepreaksireduksidanoksidasiyangterdiridaritigakonsepyangberbeda.AdanyatigakonsepyangberbedadanmasihberhubungantersebutmakatigasubpokokbahasantersebutmemungkinkanuntukdapatdibahassecaraterpisahsehinggadapatdigunakansebagaidasaruntukpembagiankelompokahlidalampembelajarankooperatiftipeJigsaw.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuiperbedaanmotivasibelajardanhasilbelajarantarasiswayangpembelajarannyamenggunakanmodelpembelajarantipeJigsawdengansiswayangpembelajarannyamenggunakanmetodekonvensionalpadamateriperkembangankonsepreaksiredoks.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)dandeskriptifkuantitatif.KelaseksperimenmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawdankelaskontrolmenggunakanmetodekonvensional.PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXSMANegeri1Purwosaritahunajaran2010/2011.PengambilansampeldilakukandenganteknikrandomsederhanadenganundiankelassehinggaterpilihduakelasyaitukelasX-7sebagaikelaseksperimendankelasX-2sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenpembelajaran(silabusRPPhandoutLKSdanlembarpenilaian)daninstrumenpengukuran(teshasilbelajarangketmotivasidanlembarobservasi).Instrumenteshasilbelajarterdiridari25butirsoaldenganvaliditasisi96%danreliabilitassebesar0813.Analisisdatapenelitiandilakukandengananalisisdeskriptifdananalisisstatistikkuantitatifberupaujitdengantarafsignifikansi9450050.AnalisisdatadilakukandenganbantuanprogramSPSS16forWindow.iiHasilpenelitianmenunjukanbahwapembelajarankooperatiftipeJigsawdapatberjalandenganbaikhalinidibuktikandengantahappelaksanaanpembelajaranyangsesuaidenganRPP.Motivasibelajarkelaseksperimenlebihtinggidibandingkandenganmotivasibelajarkelaskontrol.Padakelaseksperimenpersentasekeseluruhansiswayangtermotivasisebesar825%sedangkanpadakelaskontrolhanya65%.Hasilbelajarkelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontroldengannilairata-ratakelaseksperimensebesar610sedangkannilairata-ratakelaskontrolsebesar501.Berdasarkanujitdiperolehnilaithitungsebesar3776danttabelsebesar1991sehinggahasilbelajarkeduakelasterbuktiberbeda.OlehkarenaitupenggunaanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.iiiABSTRACTFebriantoGunturAji.2011.TheEffectsonAdoptionofCooperativeLearning