Using picture series to improve the ability of the eighth graders in writing narrative texts in SMP Negeri 21 Malang / Halla Al Hartik

Main Author: Hartik Halla Al
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/244952/
Daftar Isi:
  • Hartik Halla Al. 2014. Using Picture Series to Improve the Ability of the Eighth Graders in Writing Narrative Texts in SMP Negeri 21 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. Kata Kunci picture series kemampuan menulis menulis narasi Sekolah Menengah Pertama 12288 12288 12288 12288 Kemampuan menulis adalah pendifinisian terbaik dari kemampuan menulis dan mengekspresikan ide-ide pada teks yang teratur dan baik. Menulis dianggap sebagai hal yang paling kompleks dan sulit diantara keterampilan bahasa yang lain. Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) harus menguasai keterampilan menulis dalam berbagai macam jenis teks salah satunya adalah teks naratif. Untuk membantu memudahkan siswa dalam menulis teks naratif guru dapat menggunakan berbagai media dan/atau teknik salah satunya adalah picture series. Berdasarkan penelitian awal kemampuan siswa kelas VIII 8 dalam menulis teks narrative belum memuaskan karena hanya 10 dari 36 peserta didik yang mencapai skor lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari hasil tersebut ditemukan bahwa kesulitan peserta didik dalam menulis tidak hanya terletak pada faktor lingustik saja tetapi juga kesulitan dalam mendapatkan ide dan menyusun ide-ide tersebut untuk dituangkan dalam sebuah teks. Temuan tersebut menunjukkan bahwa kesulitan peserta didik kelas XI IPA 2 terutama terletak pada tahap awal ketika mereka memulai untuk menulis. Selain itu penggunaan media yang disediakan sekolah dalam kegiatan belajar mengajar juga belum maksimal. Menyadari masalah-masalah tersebut peneliti menggunakan media berupa picture series yang diseleksi supaya dapat sesuai digunakan di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri atas empat tahap yaitu perancanagan penerapan penelitian dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas VIII 8 SMP Negeri 21 Malang. Dalam penelitian ini peneliti dibantu oleh dua kolaborator. Selain itu terdapat empat instrument penelitian yang digunakan untuk mengambil data yang terdiri dar daftar cek penelitian catatan lapangan rubrik penilaian dan kuesioner. Setelah penerapan pembelajaran yang dilaksanakan dalam empat pertemuan studi menunjukkan kesuksesan dari segi partisipasi peserta didik dan kemampuan mereka dalam menulis teks narasi. Kriteria kesuksesan dalam penelitian ini mensyaratkan sekurang-kurangnya 50% peserta didik (18 dari 36 peserta didik) berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan 75% peserta didik (27 dari 36 peserta didik) mendapatkan skor lebih dari KKM yang disyaratkan oleh sekolah. Berdasarkan hasil temuan jumlah presentase siswa yang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran adalah 89.9% (32 dari 36 peserta didik). Sementara itu jumlah peserta didik yang mencapai nilai lebih dari KKM juga sebanyak 33 orang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa music videos dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan menulis teks narasi mereka Dari hasil penelitian ini saran-saran ditujukan untuk para guru pengajar bahasa inggris dan para peneliti yang mendatang. Guru bahasa Inggris disarankan untuk memanfaatkan media picture series ini untuk memfasilitasi siswa dalam belajar baik menulis maupun kemampuan yang lain. Sebelum menggunakan picture series ini guru Bahasa Inggris sebaiknya memilih picture series dengan teliti dan menyesuaikannya dengan level dan karakter peserta didik serta mempertimbangkan teknik pembelajaran yang memanfaatkan picture series. Peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian serupa dapat melakukan penelitian dengan menggunakan subjek penelitian yang berbeda misalnya siswa tingkat SMA. Para peneliti kelak juga dapat melakukan penelitian mengenai picture series dalam hal kemampuan berbahasa lain seperti mendengarkan berbicara atau membaca.