Aremania English-slogans seen in banners of Indonesian Super League Football Matches / Tryning Rahayu Setya Wijayanti
Main Author: | Wijayanti, Tryning Rahayu Setya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/244909/ |
Daftar Isi:
- Wijayanti Tryning Rahayu Setya. 2015. Slogan Aremania Berbahasa Inggris yang Tertulis di Spanduk dalam Pertandingan Liga Super Indonesia. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Emalia Iragiliati M.Pd. Kata kunci Slogan Aremania susunan kata kesantunan positif 12288 12288 12288 12288 Slogan merupakan ungkapan yang berbentuk motto atau frasa yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai ekspresi dari sebuah ide atau tujuan tertentu yang banyak digunakan dalam kepentingan publik untuk menarik perhatian para pembaca. Salah satu gambaran dari slogan dapat terlihat dalam slogan Aremania. Aremania merupakan salah satu kelompok supporter terbesar dari klub sepak bola Arema Cronous dari Malang Jawa Timur. Mereka menulis slogan sebagai salah satu cara mendukung tim dalam media spanduk. Keunikan yang ditonjolkan terdapat dalam struktur dan arti dari slogan yang tertulis di spanduk yang merupakan ekspresi dari ide dan opini mereka. Dalam penelitian ini peneliti mengidentifikasi (a) Apa tipe slogan yang sering digunakan dalam slogan Aremania berbahasa Inggris (b) Apa susunan kata yang digunakan dalam slogan Aremania berbahasa Inggris dan (c) Apa arti dari kata-kata yang digunakan dalam slogan Aremania berbahasa Inggris. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data diambil dari spanduk yang tersebar di Stadion Kanjuruhan dengan mengambil gambar dalam jangka beberapa waktu tertentu. Dari total data 50 spanduk slogan yang ditemukan 26 spanduk slogan yang berbahasa Inggris-lah yang dipilih. Peneliti mengeksplorasi dan menjelaskan mengenai tipe slogan susunan kata dan arti yang digunakan dalam slogan Aremania berbahasa Inggris. Dalam penelitian ini peneliti fokus terhadap aspek tipe slogan (Franz 2007) aspek-aspek sintaksis serta strategi kesantunan positif (Brown dan Levinson 1987) yang digunakan dalam slogan Aremania berbahasa Inggris. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa slogan Aremania berbahasa Inggris lebih sering menggunakan gambaran slogan (65 3%). Slogan lebih banyak menggunakan kalimat deklaratif dan imperatif (47 3%) yang mengandung elipsis (77 8%) dan frasa benda (62 5%). Strategi kesantunan positif yang ditemukan dalam slogan Aremania berbahasa Inggris meliputi exaggerate use in-group identity markers be optimistic include both S and H in the activity give (or ask) reasons dan give gifts to H. Secara keseluruhan slogan Aremania berbahasa Inggris ini merupakan refleksi dari satu kesatuan antara Arema dan Aremania yang hidup dalam masyarakat. Slogan tersebut juga bertujuan untuk menciptakan rasa kedekatan dan keakraban dengan mengharapkan aksi lanjutan dengan cara berbagi pengetahuan dan kesenangan serta rasa saling memiliki antar individu dan komunitas. Lebih lanjut slogan tersebut juga menjadi identitas dan kebanggaan mereka yang akan selalu mereka jaga kelangsungannya. Akhirnya peneliti menyarankan kepada peneliti lanjutan untuk melakukan penelitian lebih lanjut terhadap topik yang sama dengan media lain seperti di situs online atau majalah dalam aspek dan pandangan berbeda seperti Semantik Semiotik Stylistic atau ranah Linguistik lainnya.