Pengembangan panduan permainan gobak sodor sebagai teknik bimbingan kelompok untuk meningkatkan kerjasama dan kesadaran tanggung jawab siswa / Nur Fathin Afifah

Main Author: Afifah, Nur Fathin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/2407/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKAfifahNurFathin.2018.PengembanganPanduanPermainanGobakSodorsebagaiTeknikBimbinganKelompokuntukMeningkatkanKerjasamadanKesadaranTanggungJawabSiswa.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.AndiMappiareA.T.M.Pd.(2)Dra.EliaFlurentinM.PdKatakuncipermainangobaksodorkerjasamakesadarantanggungjawabPenelitianpengembanganpanduanpermainangobaksodorsebagaiteknikbimbingankelompokuntukmeningkatkankerjasamadankesadarantanggungjawabsiswabertolakbelakangdenganmasihbanyaknyasiswayangkurangmemilikisikapkerjasamadankesadarantanggungjawab.Haltersebuttentunyamenghambatperkembangansiswasehinggaperluadanyapemberianlayananbimbingan.Bimbingankelompokditujukanuntukmencegahtimbulnyamasalahpadasiswadanmengembangkanpotensisiswa.Mediayangdigunakandalampemberianlayananbimbingandibutuhkanmediaberbentukpermainansupayasiswatertarikdantidakmerasabosandalampenyampaianinformasisalahsatunyaadalahpermainantradisional.Gobaksodormerupakanpermainantradisionalyangmemilikibanyaknilaiyangdapatdikembangkandiantaranyayaitukerjasamadankesadarantanggungjawab.Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalahuntukmengetahuikeberterimaanisiprodukmeliputiketepatankegunaankelugasankekomprehensifandankeberterimaanformatdariprodukinimeliputiketepatankegunaankemudahandankemenarikan.PenelitianpengembanganinimengadaptasilangkahBorgGall.Proseduryangdilaksanakanadalah(1)tahapIstudipendahuluandanperencanaan(2)tahapIIpengembanganproduk(3)tahapIIIujicobaproduk(4)tahapIVrevisiprodukdan(5)produkpanduanpermainangobaksodorsebagaiteknikbimbingankelompokuntukmeningkatkankerjasamadankesadarantanggungjawabsiswa.Pengumpulandatadilakukanuntukmendapatkanpenilaianyangdiberikanolehahlidancalonpenggunamenggunakanskalapenilaianyangberbentukratingscale.Datayangdiperolehdalampenelitianpengembanganiniadalahdatanumerikalyangdianalisisdenganskalareratayakniuntukmencarinilairata-rataisidanformatpanduandandataverbalberupakomentaryangdiperolehdarihasilujiahlisertacalonpenggunaprodukyakniberupasarantanggapandanmasukandalambentuklisanmaupuntulisankemudiandipertimbangkanuntukpenyempurnaanprodukpanduanpermainangobaksodorsebagaiteknikbimbingankelompok.Hasilpenelitianyangtelahdilakukankeberterimaanisipanduanyangdikembangkandinilaisangattepatsangatbergunasangatlugasdansangatkomprehensifsedangkankeberterimaanformatpanduandinilaisangattepatsangatbergunasangatmudahdansangatmenarik.Berdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapanduanyangdikembangkantelahdapatditerimaisidanformatnya.Saranuntukkonselordiharapkankonselormemahamidanmempelajaripanduansertamelaksanakansecaraproseduralsesuairencanapelaksanaanlayanandalampanduan.Saranuntukpenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelanjutkandenganpenelitianeksperimen.