Keefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VII di SMP Laboratorium UM / Siti Nuraini Khoiriyah
Main Author: | Khoiriyah, Siti Nuraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2405/ |
Daftar Isi:
- vRINGKASANKhoiriyahSitiNuraini.2018.KeefektifanTeknikSosiodramauntukMeningkatkanKeterampilanKomunikasiInterpersonalSiswaKelasVIISMPLaboratoriumUM.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HariadiKusumoM.Pd(2)Dra.EliaFlurentinM.Pd.KataKunciSosiodramaketerampilankomunikasisiswaSMPKetidakmampuansiswadalammelakukankomunikasiinterpersonalcenderungmenunjukkanperilakunegatif.Remajayangmengalamikegagalandalammelakukankomunikasiinterpersonaldenganlingkungannyatidakditerimaditolakdandikucilkan.Dampaknyasiswasemakinkesulitandalammelakukaninteraksisosialyanglebihbaik.haliniperlumemperolehperhatiankhususdisekolahyaknidapatdilakukanmelaluilayananbimbingandankonseling.Upayabimbinganuntukmeningkatkankomunikasiinterpersonalsiswadapatdiberikanmelaluibimbingankelompok.Teknikbimbingankelompokyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanketerampilankomunikasiinterpersonalsiswadisekolahialahmelaluitekniksosiodrama.Karenatekniksosiodramadipandangdapatmembantusiswauntukmeningkatkanhubunganinterpersonalsesuaidengansalahsatutujuanbimbingandankonselingyangterkaitdenganaspekpribadisosialyaitumemilikikemampuaninteraksisosial.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuikeefektifantekniksosiodramauntukmeningkatkankomunikasiinterpersonalsiswakelasVIISMPLaboratoriumUM.HipotesisyangdiajukandalampenelitianiniadalahtekniksosiodramaefektifuntukmeningkatkanketerampilankomunikasiinterpersonalsiswaVIISMPLaboratoriumUM.RancanganpenelitianyangdigunakaniniadalahpreexperimentaldenganmetodeOneGrupPretest-posttestdesign.Subjekpenelitianadalah10orangsiswakelasVIISMPLaborartoriumUM.Instrumenpengumpulandatamenggunakanangket.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifdanujiwilcoxon.HasilpenelitianmenunjukkanbahwatekniksosiodramadapatmeningkatkanketerampilankomunikasiinterpersonalsiswakelasVIISMPLaboratoriumUM.Haliniterbuktidilihatdarihasilpengujianhipotesisdiketahuinilaibeda(z)sesudahdansebelumtreatmentadalahZ-2805dannilaisignifikansinya(2-tailed)adalah0005.Nilaisignifikansinyalebihkecildari005(nilaiasyim.sig005)menunjukkanbahwaHOditolakdanH1diterima.Berdasarkanhasilpenelitianinidiajukansarankepadagurubimbingandankonselingdiharapkandapatmenerapkanlayananbimbingankelompokdengantekniksosiodramapadakegiatanbimbingandankonselingdisekolahsebagaiupayamengatasimasalah-maslaahsosialyangdialamipesertadidik.Bagipenelitiselanjutnyayaitubisamenggunakankelompokkontrolsebagaiperbandingandengankelompokeksperimen.Penelitijugabisamenggunakanvariabellainyangmempengaruhipeningkatanketerampilankomunikasiinterpersonal.