Keefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VII di SMP Laboratorium UM / Siti Nuraini Khoiriyah

Main Author: Khoiriyah, Siti Nuraini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/2405/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANKhoiriyahSitiNuraini.2018.KeefektifanTeknikSosiodramauntukMeningkatkanKeterampilanKomunikasiInterpersonalSiswaKelasVIISMPLaboratoriumUM.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HariadiKusumoM.Pd(2)Dra.EliaFlurentinM.Pd.KataKunciSosiodramaketerampilankomunikasisiswaSMPKetidakmampuansiswadalammelakukankomunikasiinterpersonalcenderungmenunjukkanperilakunegatif.Remajayangmengalamikegagalandalammelakukankomunikasiinterpersonaldenganlingkungannyatidakditerimaditolakdandikucilkan.Dampaknyasiswasemakinkesulitandalammelakukaninteraksisosialyanglebihbaik.haliniperlumemperolehperhatiankhususdisekolahyaknidapatdilakukanmelaluilayananbimbingandankonseling.Upayabimbinganuntukmeningkatkankomunikasiinterpersonalsiswadapatdiberikanmelaluibimbingankelompok.Teknikbimbingankelompokyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanketerampilankomunikasiinterpersonalsiswadisekolahialahmelaluitekniksosiodrama.Karenatekniksosiodramadipandangdapatmembantusiswauntukmeningkatkanhubunganinterpersonalsesuaidengansalahsatutujuanbimbingandankonselingyangterkaitdenganaspekpribadisosialyaitumemilikikemampuaninteraksisosial.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuikeefektifantekniksosiodramauntukmeningkatkankomunikasiinterpersonalsiswakelasVIISMPLaboratoriumUM.HipotesisyangdiajukandalampenelitianiniadalahtekniksosiodramaefektifuntukmeningkatkanketerampilankomunikasiinterpersonalsiswaVIISMPLaboratoriumUM.RancanganpenelitianyangdigunakaniniadalahpreexperimentaldenganmetodeOneGrupPretest-posttestdesign.Subjekpenelitianadalah10orangsiswakelasVIISMPLaborartoriumUM.Instrumenpengumpulandatamenggunakanangket.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifdanujiwilcoxon.HasilpenelitianmenunjukkanbahwatekniksosiodramadapatmeningkatkanketerampilankomunikasiinterpersonalsiswakelasVIISMPLaboratoriumUM.Haliniterbuktidilihatdarihasilpengujianhipotesisdiketahuinilaibeda(z)sesudahdansebelumtreatmentadalahZ-2805dannilaisignifikansinya(2-tailed)adalah0005.Nilaisignifikansinyalebihkecildari005(nilaiasyim.sig005)menunjukkanbahwaHOditolakdanH1diterima.Berdasarkanhasilpenelitianinidiajukansarankepadagurubimbingandankonselingdiharapkandapatmenerapkanlayananbimbingankelompokdengantekniksosiodramapadakegiatanbimbingandankonselingdisekolahsebagaiupayamengatasimasalah-maslaahsosialyangdialamipesertadidik.Bagipenelitiselanjutnyayaitubisamenggunakankelompokkontrolsebagaiperbandingandengankelompokeksperimen.Penelitijugabisamenggunakanvariabellainyangmempengaruhipeningkatanketerampilankomunikasiinterpersonal.