Pengembangan panduan pelatihan keterampilan menyelesaikan konflik secara konstruktif untuk mencegah bullying bagi siswa SMP dengan menggunakan model Structured Learning Approach (SLA) / Ismi Rudati
Main Author: | Rudati, Ismi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2389/ |
Daftar Isi:
- vABSTRAKRudatiIsmi.2018.PengembanganPanduanPelatihanKeterampilanMenyelesaikanKonflikSecaraKonstruktifuntukMencegahBullyingBagiSiswaSMPdenganMenggunakanModelStructuredLearningApproach(SLA).SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DjokoBudiSantosoM.Pd.(II)Dr.DanyM.HandariniM.A.KatakunciKeterampilanMenyelesaikanKonflikSecaraKonstruktifBullyingStructuredLearningApproach(SLA).Perundungan(bullying)merupakansalahsatukomponenperilakuantisosialyangdilakukandengancaramenyakitiataumenggangguorangyanglemahatauanehsecaraverbalmaupunnon-verbalyangdilakukansecarasengajadanberulang-ulang.SalahsatufaktorterjadinyaperundunganyaiturendahnyakemampuanmenyelesaikankonfliksecarakonstruktifsiswaSMP.Keterampilanmenyelesaikankonfliksecarakonstruktifmerupakansuatuketerampilanyangdigunakansebagaiupayadalammembantumengatasisuatupertentangandengancarabertindaksecarapositiftanpamerusakhubunganantarsesamadantidakmerugikandirisendirimaupunoranglain.KeterampilanmenyelesaikankonfliksecarakonstruktifsangatpentingdalammembantusiswaSMPmenyelesaikanmasalahnyadengancarayangbaiktanpamenyakitidirisendirimaupunoranglainsehinggakemungkinankecilsiswaakanmelakukantindakanbullyingyangdigunakansebagaisalahsatucaradalammenyelesaikanmasalahnya.Terdapatlimasubtopikketerampilanyangdapatdilatihkandalammenyelesaikankonfliksecarakonstruktifyangterdiridari(1)peduliterhadapkeadaanoranglain(2)menghargaiperbedaan(3)mengungkapkanpikiranperasaandankeinginan(4)keinginanku-keinginanmutercapai(5)menyelesaikanmasalah.Berdasarkanhasilneedassessmentterhadap6konselorSMPmengatakanbahwasalahsatufaktorpenyebabterjadinyabullyingterhadapsiswayaitukarenarendahnyakemampuansiswadalammenyelesaikankonfliksecarakonstruktif.SalahsatuusahayangdapatdilakukanuntukmeningkatkanketerampilanmenyelesaikankonfliksecarakonstruktifsiswaSMPadalahdenganmembuatpanduanpelatihanketerampilanmenyelesaikankonfliksecarakonstruktif.MetodepelatihanyangdigunakanyaitumodelpembelajaranterstrukturatauStructuredLearningApproach(SLA).TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanpanduanpelatihanketerampilanmenyelesaikankonfliksecarakonstruktifuntukmencegahbullyingbagisiswaSMPdenganmenggunakanmodelStructuredLearningApproach(SLA)yangmemenuhikriteriaakseptabilitas.MetodeyangdigunakanadalahmengadopsiprosedurBorgGall(1983)yangdisusunmenjadi3tahapyaitutahapperencanaantahappenyusunanprodukdantahapujicobaproduk.Tahapperencanaanmeliputineedassessmentdanmengkajiliteratur.TahappenyusunanprodukmenghasilkandraftpanduanpelatihanketerampilanmenyelesaikankonfliksecarakonstruktifdanalatevaluasiprodukberupaskalaakseptabilitasyangdiadopsidariHandarini(2000)yangtelahdiujiverivikasipembimbimbing.Tahapujicobadibagimenjadiduayaituujicobaoleh3ahliBKdanujicobaoleh3calonpenggunaproduk(konselorSMP).Datakuantitatifdianalisisimenggunakaninter-rateragreementsedangkandataberupasaransecaratertulisdianalisissecaradeskriptif.viPanduanpelatihanketerampilaninitelahdiujikankepada3ahlidan3calonpenggunaprodukdenganhasilpenilaiansecarakeseluruhanpanduanpelatihanketerampilaninibergunatepatlayakdanpatutuntukdigunakanolehkonselordansiswaSMP.PanduanpelatihaninidapatdigunakanolehkonselorsebagaipanduandalammemberikanpelatihanketerampilanmenyelesaikankonfliksecarakonstruktifkepadasiswaSMP.Panduanpelatihanketerampilammenyelesaikankonfliksecarakonstruktifinidapatdilanjutkandenganpenelitiankuantitatif(eksperimen)untukmengetahuikeefektifanpanduanpelatihanini.