Pengembangan media pembelajaran elektronik pada materi larutan penyangga untuk siswa SMA kelas XI / Daret Indah Mega Safitri
Main Author: | Safitri, Daret Indah Mega |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23868/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSafitriDaretI.M.2015.PengembanganMediaPembelajaranElektronikpadaMateriLarutanPenyanggauntukSiswaSMAKelasXI.SkripsiJurusanPendidikanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(II)Dr.SitiMarfuahM.S.KataKuncimediapembelajaranelektroniklarutanpenyanggaKesulitansiswauntukmemahamikonsepmaterilarutanpenyanggaantaralain(1)konseppengertianlarutanpenyangga(2)konsepperhitunganpHdanpOHLarutanPenyanggadenganmenggunakanprinsipkesetimbangan(3)konsepperhitunganpHlarutanpenyanggapadapenambahansedikitasamataubasadan(4)konsepfungsilarutanpenyanggadalamtubuhmakhlukhidupdandalamkehidupansehari-hari.Kesulitan-kesulitantersebutdisebabkankarenapadamaterilarutanpenyanggaterdapatkonsep-konsepyangbersifatabstraksehinggadibutuhkansuatumediapembelajaranyangdapatdigunakanolehgurudansiswasebagaibahanajar.Penelitianinibertujuanuntuk1)menghasilkanprodukberupamediapembelajaranelektronikpadamaterilarutanpenyangga2)mengetahuibagaimanakelayakanmediapembelajaranelektronikpadapokokbahasanlarutanpenyanggayangtelahdikembangkan.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan.ModelpengembanganyangdigunakanmerupakanadaptasidarimodelpengembanganDickCarey.Desainujicobapadaprodukinihanyamenggunakanujiahlidanujikelompokkecilsedangkaninstrumentyangdigunakanberupaangket.Datayangdiperolehkemudiandianalisissecaradeskriptifkuantitatifdankualitatif.Hasilpenelitianiniberupamediapembelajaranelektronikyangmemanfaatkankomputerdalampenggunaannya.Hasilvalidasimenunjukkanbahwa(1)tampilanmediayangdikembangkanlayakdigunakandenganpersentasevaliditasrata-ratasebesar44atau874%dan(2)materidalammediapembelajaranelektronikinisesuaidenganSKdanKDyangterdapatdalamKTSP2006denganpersentasevaliditasrata-ratadarivalidatorsebesar36atau722%serta(3)mediayangdikembangkanlayakdigunakansecarakeseluruhandenganpresentaserata-ratadarisiswasebesar833%.Hasilvalidasimenunjukkanbahwamediayangdikembangkanlayakuntukdigunakan.Penelitianlebihlanjutdiperlukanuntukmengujikeefektifanpenggunaanmediainidalampembelajaranmaterilarutanpenyangga.