Pengembangan media pembelajaran elektronik pada materi larutan penyangga untuk siswa SMA kelas XI / Daret Indah Mega Safitri

Main Author: Safitri, Daret Indah Mega
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23868/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSafitriDaretI.M.2015.PengembanganMediaPembelajaranElektronikpadaMateriLarutanPenyanggauntukSiswaSMAKelasXI.SkripsiJurusanPendidikanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(II)Dr.SitiMarfuahM.S.KataKuncimediapembelajaranelektroniklarutanpenyanggaKesulitansiswauntukmemahamikonsepmaterilarutanpenyanggaantaralain(1)konseppengertianlarutanpenyangga(2)konsepperhitunganpHdanpOHLarutanPenyanggadenganmenggunakanprinsipkesetimbangan(3)konsepperhitunganpHlarutanpenyanggapadapenambahansedikitasamataubasadan(4)konsepfungsilarutanpenyanggadalamtubuhmakhlukhidupdandalamkehidupansehari-hari.Kesulitan-kesulitantersebutdisebabkankarenapadamaterilarutanpenyanggaterdapatkonsep-konsepyangbersifatabstraksehinggadibutuhkansuatumediapembelajaranyangdapatdigunakanolehgurudansiswasebagaibahanajar.Penelitianinibertujuanuntuk1)menghasilkanprodukberupamediapembelajaranelektronikpadamaterilarutanpenyangga2)mengetahuibagaimanakelayakanmediapembelajaranelektronikpadapokokbahasanlarutanpenyanggayangtelahdikembangkan.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan.ModelpengembanganyangdigunakanmerupakanadaptasidarimodelpengembanganDickCarey.Desainujicobapadaprodukinihanyamenggunakanujiahlidanujikelompokkecilsedangkaninstrumentyangdigunakanberupaangket.Datayangdiperolehkemudiandianalisissecaradeskriptifkuantitatifdankualitatif.Hasilpenelitianiniberupamediapembelajaranelektronikyangmemanfaatkankomputerdalampenggunaannya.Hasilvalidasimenunjukkanbahwa(1)tampilanmediayangdikembangkanlayakdigunakandenganpersentasevaliditasrata-ratasebesar44atau874%dan(2)materidalammediapembelajaranelektronikinisesuaidenganSKdanKDyangterdapatdalamKTSP2006denganpersentasevaliditasrata-ratadarivalidatorsebesar36atau722%serta(3)mediayangdikembangkanlayakdigunakansecarakeseluruhandenganpresentaserata-ratadarisiswasebesar833%.Hasilvalidasimenunjukkanbahwamediayangdikembangkanlayakuntukdigunakan.Penelitianlebihlanjutdiperlukanuntukmengujikeefektifanpenggunaanmediainidalampembelajaranmaterilarutanpenyangga.