Keefektifan sinema edukasi untuk meningkatkan respek siswa sekolah dasar / Riris Arintya

Main Author: Arintya, Riris
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/2382/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANArintyaRiris.2018.KeefektifanSinemaEdukasiuntukMeningkatkanRespekSiswaSekolahDasar.SkripsiJurusanBimbingandanKonseling.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.EliaFlurentinM.Pd(2)Dr.Hj.MuslihatiS.Ag.M.Pd.KataKuncirespeksinemaedukasisiswaSD.Hubungansiswadengantemansebayanyadidukungdenganadanyasikap-sikappositifyangdimilikiolehsetiappribadi.Salahsatunyaadalahsikapsalingmenghormatidanmenghargaiyangmeliputimenghormatidirisendirioranglaintempatdanbendasertaperbedaanantarindividu.Sikaphormatitukemudiandikenaldenganistilahrespek.DalammeningkatkansikaprespeksiswaSDbimbingandankonselingmemilikilayanandasardenganstrategibimbingankelompokyangmemilikifungsipengembangandanpencegahan.SinemaedukasidipilihsebagaiteknikdalambimbingankelompokkarenasesuaidengankarakteristikbelajarsiswaSDyangsenangterhadaphal-halyangbersifataudio-visual.PenelitianinibertujuanmengetahuikeefektifansinemaedukasiuntukmeningkatkanrespeksiswaSD.Penelitianinimenggunakanrancanganpre-experimentalonegrouppretest-posttestdesign.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDyangmemilikitingkatrespektergolongrendahdansedangmendekatirendahyangterdiridarisepuluhorangsiswa.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupaskalarespekyangtelahmelewatiujivaliditasdari65butirmenjadi35butiryangdinyatakanvalidhasilujireliabilitassebesar0848sertapedomaneksperimendengantekniksinemaedukasiyangtelahmelaluiujiahli.Analisisdatadilakukanmelaluiujinon-parametrikWilcoxonSignedRankTest(WSRT)denganmenggunakanbantuanSPSS22forwindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwatekniksinemaedukasidapatmeningkatkanrespeksiswaSD.HaltersebutdapatdilihatdaripeningkatanskorposttestdanhasilujiWilcoxonyangmenyatakannilaiZ-2809bsertanilaiAsymp.Sig(2-tailed)0005