Perbedaan hasil belajar kognitif dan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan ekspositori pada materi larutan penyangga / Dyas Anggraini Paramutika
Main Author: | Paramutika, Dyas Anggraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23815/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKParamutikaDyasA.2015.PerbedaanHasilBelajarKognitifdanMotivasiBelajarantaraSiswayangDibelajarkandenganModelPembelajaranCooperativeLearningTipeTSTS(TwoStayTwoStray)danEkspositoripadaMateriLarutanPenyangga.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.SriniM.IskandarM.Sc.Ph.D.(II)Dr.SuhartiS.Pd.M.Si.KataKuncihasilbelajarkognitifmotivasibelajarTwoStayTwoStray(TSTS)LarutanPenyanggaModelpembelajaranekspositoridenganmenggunakanmetodeceramahyangditerapkandalampembelajaranmaterilarutanpenyanggadisekolahbelummencapaihasilyangmaksimal.Haliniterbuktidarihasilwawancarayangdilakukanyaitusebanyak50%siswamemilikinilaihasilbelajardibawahKKM.Olehkarenaituperludilakukanupayamodifikasimodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanketerlibatanaktifsiswadalamprosespembelajaran.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdipilihadalahmodelpembelajarankooperatiftipeTwoStayTwoStray(TSTS).TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiketerlaksanaanpembelajaranperbedaanhasilbelajarkognitifantarasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeTwoStayTwoStray(TSTS)denganmodelpembelajaranekspositoridanmotivasibelajarsiswa.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahQuasyExperimentalpost-tesonlydesigndenganduakelaseksperimen.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXISMANegeri7Malangtahunajaran2014/2015.PengambilansampeldalampenelitianinimenggunakanteknikclusterrandomsamplingdidapatkankelasXIMIA1sebagaikelaseksperimenyangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeTwoStaytwoStray(TSTS)dankelasXIMIA2sebagaikelaskontrolyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranekspositori.Instrumentyangdigunakanadalahberupainstrumentperlakuan(silabusRPPhandout(bahanajar)worksheet)daninstrumentpengukuran(lembarobservasiangketmotivasibelajarsiswadanteshasilbelajar).Analisisdatadilakukandenganujitpadanilaia005dananalisisdeskriptif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)PembelajarankooperatiftipeTwoStayTwoStray(TSTS)danekspositoriterlaksanadengansangatbaikdenganrata-ratapersentaseketerlaksanaanRPPmasing-masingadalah9232%dan9250%.(2)AdaperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeTwoStayTwoStray(TSTS)(rata-rata7788)danyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranekspositori(rata-rata7075).(3)MotivasibelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatiftipeTwoStaytwoStray(TSTS)(rata-rata763%)lebihtinggidaripadamodelpembelajaranekspositori(rata-rata738%).