Perbedaan hasil belajar materi hidrolisis garam antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 6E-Problem posing dan learning cycle 6E pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri Klakah Lumajang / Ariyani Dwi Novitasari
Main Author: | Novitasari, Ariyani Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23811/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNovitasariAriyaniDwi.2015.PerbedaanHasilBelajarMateriHidrolisisGaramantaraSiswayangDibelajarkandenganModelPembelajaranLearningCycle6E-ProblemPosingdanLearningCycle6EpadaSiswaKelasXIIPASMANegeriKlakahLumajang.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.EndangBudiasihM.S.(II)EviSusantiS.Si.M.Si.KataKuncilearningcycle6E-problemposinghasilbelajarhidrolisisgaramKetuntasanbelajarsiswapadamaterihidrolisisgaramtahunajaran2013/2014diSMANegeriKlakahLumajangtergolongrendahhanyasebesar375%denganrata-ratanilaiulanganharianhidrolisisgaramsebesar6450.Halinikemungkinandisebabkanpadapembelajaranyangmasihberpusatpadagurusehinggasiswakurangterlibataktifselamaprosespembelajaran.OlehkarenaitudiperlukansuatumodelpembelajaranyangmelibatkansiswasecaraaktifdalampembelajaransepertimodelpembelajaranLearningCycle6E-ProblemPosing.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuiketerlaksanaanprosespembelajaranLearningCycle6E-ProblemPosingdanLearningCycle6EpadamateripokokhidrolisisgaramdanperbedaanhasilbelajarkognitifafektifsertapsikomotorantarasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle6E-ProblemPosingdansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle6EpadamaterihidrolisisgaramkelasXIIPASMANegeriKlakahLumajang.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperiemensemudenganpost-testonlycontrolgroupdesign.PenelitianinimenggunakanduakelasyaitukelaseksperimendibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle6E-ProblemPosingdankelaskontroldibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle6E.PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXIIPASMANegeriKlakahLumajangtahunajaran2014/2015.PengambilansampeldilakukandenganteknikclusterrandomsamplingsehinggaterpilihXIIPA3sebagaikelaseksperimendankelasXIIPA2sebagaikelaskontrol.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenperlakuanberupasilabusRPPhandoutLKSdaninstrumenpengukuranmeliputiteslembarobservasidankuis.Soaltesyangdigunakansebanyak25soaldengankriteriavaliddanmemilikikriteriareliabilitassangattinggi.Ujihipotesisdalampenelitianinimenggunakanuji-t.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerlaksanaanprosespembelajaranmaterihidrolisisgarammenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle6E-ProblemPosingsebesar9236sementaramodelpembelajaranLearningCycle6Esebesar9110dengankriteriasangatbaik.Hasilpengujianhipotesismenggunakanuji-tpadatarafsignifikansi945005menunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajarkognitifantarasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle6E-ProblemPosingdengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle6E.HasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle6E-ProblemPosing(rata-rata8439)lebihtinggidibandingkansiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle6E(rata-rata7742).DarihasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarkognitifsiswasetelahdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle6E-ProblemPosingdanLearningCycle6Emeningkatsecaraberturut-turut1989dan1292dibandingkanmenggunakanmodelekspositori.HalinimenandakanbahwadenganmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle6E-ProblemdanLearningCycle6Edapatmeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswa.Rata-ratahasilbelajarafektifsiswakelaseksperimensebesar7769dengankriteriasangatbaik.Rata-ratahasilbelajarafektifkelaskontrolsebesar7024dengankriteriabaik.Rata-ratahasilbelajarpsikomotorsiswakelaseksperimensebesar7800dengankriteriasangatbaik.Rata-ratahasilbelajarpsikomotorsiswakelaskontrolsebesar7394dengankriteriabaik.