Perbedaan hasil belajar kimia materi hidrolisis garam siswa SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing kolaboratif dan non kolaboratif tahun pelajaran 2012-2013 / Eprysca Noviasari

Main Author: Noviasari, Eprysca
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23740/
Daftar Isi:
  • NoviasariEprysca.2013.PerbedaanHasilBelajarKimiaMateriHidrolisisGaramSiswaSMAN1RejotanganTulungagungyangDibelajarkandenganModelPembelajaranInkuiriTerbimbingKolaboratifdanNon-KolaboratifTahunPelajaran2012-2013.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.RidwanJoharmawanM.Si.(2)Dr.YudhiUtomoM.Si.KataKunciInkuiriTerbimbingKolaboratifHasilBelajar.122881228812288HasilbelajarkimiamaterihidrolisisgaramdiSMANegeri1RejotanganTulungagungselamatahunpelajaran2010-2011dan2011-2012berturut-turuthasilbelajarsiswapadamaterihidrolisisgaramadalah465dan480.Angkainijauhdaristandarketuntasanminimal(SKM)diSMANegeri1RejotanganTulungagungpadamatapelajarankimiayaitu700.Untukmeningkatkanhasilbelajardiperlukaninovasidankreatifitasgurudalammemilihdanmenerapkanmodelpembelajaranyangsesuaidalampembelajarankimia.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanadalahmodelpembelajaraninkuiriterbimbingkolaboratif.Modelpembelajaraninkuiriterbimbingkolaboratifmerupakangabungandarimodelpembelajaraninkuiriterbimbingdanmodelpembelajarankolaboratif.122881228812288Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign).PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXIIPASMAN1RejotanganTulungagungtahunpelajaran2012/2013yangterdiridari5kelasmulaidariXIIPA1sampaiXIIPA5.PenentuankelassebagaikelaseksperimendankelaskontroldilakukansecaraclusterrandomsamplingsehinggadiperolehkelasXIIPA4sebagaikelaseksperimendankelasXIIPA1sebagaikelaskontrol.Kelaseksperimendibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingkolaboratifdankelaskontrolmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenperlakuan(silabusdanRPP)daninstrumenpengukuran(teshasilbelajardanlembarobservasi).Instrumenpengukurandilakukanujivaliditasdanujireliabilitas.Terdapat20soalyangmemenuhisyaratdigunakansebagaiinstrumentpengukuran.Analisisdatahasilpenelitiandilakukandengananalisisdeskriptifdananalisisstatistikkuantitatifberupaujihipotesis(ujit)dengansignifikansi945005.AnalisisdatadilakukandenganbantuanprogramSPSS16forWindow.122881228812288Hasilpenelitianmenunjukanbahwahasilbelajarsiswayangpembelajarannyamenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingkolaboratiflebihtingginonkolaboratif.Haliniditunjukkanolehnilairata-ratahasilbelajarkognitifkelasekperimenlebihtinggidibandingdengankelaskontrolyaitu6103dan4862.penelitianinimenyarankandigunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingkolaboratifuntukmaterihidrolisisgarampadapembelajaranberikutnyadisekolah.danmengkajipengaruhpenerapanmodelinkuiriterbimbingkolaboratifterhadapvariabelyanglainnyamisalnyapadamotivasibelajarpemahamankonsepperbedaansikapsiswadankemampuanberpikirtingkattinggi