Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kolaboratif dengan model pembelajaran ekspositori tentang larutan penyangga kelas XI MAN Malang 1 / Mono Eviyanto
Main Author: | Eviyanto, Mono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23717/ |
Daftar Isi:
- EviyantoMono.2013.PerbedaanHasilBelajarSiswayangDibelajarkanMenggunakanModelPembelajaranKolaboratifdenganModelPembelajaranEkspositoritentangLarutanPenyanggaKelasXIMA.SkripsiJurusanKimiaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.RidwanJoharmawanM.Si(II)Drs.DermawanAfandyM.Pd.Katakuncipembelajarankolaboratiflarutanpenyangga.hasilbelajarLarutanpenyanggamerupakansalahsatumeterikimiayangdiberikanpadasiswasekolahmenengahatas.Materilarutanpenyanggabanyakmelibatkankonsepprinsipteorikerjailmiahsertaperhitungansecaramatematis.Padaumumnyaprosespembelajaranyangadadisekolahmenengahataslebihbanyakberpusatpadaguru.Prosespembelajaranyangdemikianberdampakpadakeaktifandanpemahamankonsepmaterilarutanpenyanggayangmasihkurang.Halinidapatdilihatdaihasilbelajaryangdicapaiolehsiswa.Olehkarenaituuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadiperlukanmodelpembelajaranyangtepatyaknimembuatsiswalebihaktifsehinggaprosespembelajaranberjalansecaraefektifdanbermakna.Salahsatumodelpembelajaranyangdigunakanadalahmodelpembelajarankolaboratif.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuiketerlaksanaanmodelpembelajarankolaboratif(2)mengetahuiapakahadaperbedaanhasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankolaboratifdansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranekspositori.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign)denganpopulasipenelitiansiswakelasXIIPAMA.SampelpenelitianadalahkelasXIIPA1sebagaikelaskontroldankelasXIIPA2sebagaikelaseksperimenyangdiambilsecaraclusterrandomsampling.Pembelajarankelaseksperimenmenggunakanmodelpembelajarankolaboratifsedangkankelaskontrolmenggunakanmodelpembelajaranekspositori.InstrumenyangdigunakanadalahsilabusRPPHandoutLKSdanlembarobservasisertateskemampuankognitifyangterdiridari18butirsoalyangvaliddenganreliabilitasr110786.Datayangdiperolehmeliputilembarketerlaksanaanprosespembelajarannilaiafektifdanhasilbelajarsiswa.Datanilaihasilbelajardianalisissecarakuantitatifdenganujitpadasignifikansi945005.Dalampenelitianinirata-ratapersentaseketerlaksanaanpembelajaransebesar9905%.Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanhasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankolaboratifdengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranekspositori.Siswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankolaboratifmemperolehnilairata-ratahasilbelajarsebesar8333sedangkansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranekspositorimemperolehnilairata-ratahasilbelajarsebesar7617.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdikatakanlebihlanjutbahwasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarankolaboratifmemilikirata-ratahasilbelajarlebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranekspositori.