Perbedaan hasil belajar materi asam-basa pada penerapan pembelajaran LC 5E dan LC 5E-STAD bagi siswa kelas X SMK Negeri 7 Malang / Ismurini
Main Author: | Ismurini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23698/ |
Daftar Isi:
- KataKunciLC5ELC5ESTADasam-basahasilbelajarMateriasam-basadiajarkandiSMKNegeri7MalangpadamatapelajaranMelakukanPraktikumKimia(MPK).Padaumumnyaprosespembelajaranyangdilakukanlebihbanyakberpusatpadaguruhaldemikianakanberdampakpadakeaktifansiswayangkurangdalamprosespembelajaran.Semakinmeningkatnyastandarkelulusankimiamakadiperlukanmodelpembelajaranyangtepatagarsiswalebihaktifsertahasilbelajaryangdiperolehmaksimal.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuankognitifdankeaktifansiswaadalahmodelpembelajaranLearningcycle5E(LC5E).UntukmendukungprosespembelajaranditinjaudariunsurpembentukankelompokyangberpoladiperlukanmodelpembelajarankooperatifsalahsatunyaadalahSTADagardapatsalingmelengkapiantarapembentukanstrukturkognitifdankerjasamasiswadalamkelompokheterogen.DilakukanupayauntukmenggabungkanduamodelpembelajaranmenjadiLC5E-STAD.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuiketerlaksanaanprosespembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranLC5EdanmodelpembelajaranLC5E-STADpadamateriasam-basa(2)mengetahuiapakahterdapatperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajarkandenganmodelpembelajaranLC5EdanmodelpembelajaranLC5E-STAD.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu.ModelpenelitianyangdipilihadalahPosttest-OnlyControlGroupDesain.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXSMKNegeri7Malangyangterdiridari3kelasyakniXKA1XKA2danXKA3.Pemilihansampelmenggunakanteknikundian.DidapatkansampelyaknikelasXKA1sebagaikelaseksperimenyangdiajarkandenganmodelpembelajaranLC5E-STADsedangkankelaskontroladalahkelasXKA3yangdiajarkandenganmodelpembelajaranLC5E.Analsisdatameliputianalisisdeskriptifdanstatistik.Analisisdeskriptifmeliputiketerlaksanaanprosesprosespembelajarannilaiafektifpsikomotorsertakuis.Analisisstatistikuntukmengetahuihasilbelajaryakninilaiulanganharianmateriasam-basa.Analisissatatistikhasilbelajaryangdigunakanadalahdenganmenggunakanuji-t.HasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajarkandenganmodelpembelajaranLC5EdengansiswayangdiajarkandenganmodelpembelajaranLC5E-STAD.SiswayangdiajarkandenganmodelpembelajaranLC5Ememilikirata-ratahasilbelajarsebesar7442sedangkansiswayangdiajarkandenganmodelpembelajaranLC5E-STADmemilikirata-ratahasilbelajarsebesar8019.DapatdisimpulkanbahwasiswayangdiajarkandenganmodelpembelajaranLC5E-STADmemilikihasilbelajaryanglebihtinggidaripadasiswayangdiajarkandenganmodelpembelajaranLC5E.