Pengaruh model pembelajaran daur belajar (Learning cycle) 6 fase-Jigsaw pada materi minyak bumi terhadap prestasi belajar siswa kelas X MAN Malang II Kota Batu / Mariya Ulfa
Main Author: | Ulfa, Mariya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23653/ |
Daftar Isi:
- KataKuncidaurbelajar6fasejigsawprestasibelajarTelahterjadipergeseranparadigmadibidangpendidikandaribehaviourismekekonstruktivismeyangimplikasinyamenjadiberpusatpadasiswa.Kesulitanmengkonstruksikonsepdalamkimiadapatdiatasidenganmemadukanmodelpembelajarandaurbelajardenganjigsawuntukmengajarkanmateriminyakbumi.Tujuanpenelitianiniadalah(1)untukmengetahuiadatidaknyaperbedaanprestasibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarandaurbelajar6fase-Jigsawdengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarandaurbelajar6fase(2)untukmengetahuikualitasprosesbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajarandaurbelajar6fase-Jigsawdanyangdibelajarkandenganmodelpembelajarandaurbelajar6fase.Penelitianmenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu.Kelaseksperimenmenggunakanmodelpembelajarandaurbelajar6fase-Jigsawdankelaskontrolmenggunakandaurbelajar6fase.PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXMANMalangIIKotaBatutahunajaran2011/2012.Pengambilansampeldilakukandenganteknikrandomsederhanamelaluiundiankelas.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahsilabusRPPhandoutworksheet.Instrumenpengukuranberupatesprestasibelajardanlembarobservasi.Tesprestasibelajarberupatesobyektifterdiridari30butirsoalvaliddanreliabilitastes0946.Analisisdatadilakukandengananalisisdeskriptifdananalisisstatistikkuantitatifberupauji-Tpada945005menggunakanbantuanprogramSPSS16forWindows.Hasilpenelitianmenunjukanbahwa(1)Prestasibelajarkelasyangdibelajarkandenganmodelpembelajarandaurbelajar6fase-jigsaw(nilairatarata709)lebihbaikdaripadakelasyangdibelajarkandenganmodelpembelajarandaurbelajar6fase(nilairata-rata648)berdasarkannilaithitungsebesar3606danttabelsebesar1674sehinggasecarasignifikanadaperbedaanprestasibelajar(2)Kualitasprosesbelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarandaurbelajar6fase-jigsawlebihbaikdaripadakelasyangdibelajarkandenganmodelpembelajarandaurbelajar6faseditunjukkandengannilairata-rataafektifsiswaberturut-turutadalah33dan31.