Keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada pembelajaran larutan penyangga dengan metode inkuiri terbimbing di SMA laboratorium UM kelas XI IPA 2 / Rosita Yusnidar
Main Author: | Yusnidar, Rosita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23580/ |
Daftar Isi:
- KataKunciInkuiriterbimbingketerampilanprosessainshasilbelajarlarutanpenyangga.Dalampembelajarankimiasaatinisiswadituntutuntukmenguasaikon-sepdanketerampilanberpikirilmiahyangtergabungdalamketerampilanprosessains(KPS).SalahsatumetodepembelajaranyangdapatmembangundanmelatihKPSadalahmetodeinkuiriterbimbing.UnsurKPSyangdapatdilatihkankepadasiswadalampembelajaraninkuiriadalahketerampilanmemprediksimengob-servasimenyimpulkanmenganalisismengkuantifikasidanmengkomunikasi-kan.Penerapanmetodepembelajaraninkuirijugadiharapkandapatmeningkat-kanpenguasaandanpemahamansiswa.PenelitianinibertujuanmengetahuiKPSdanhasilbelajarsiswaSMALabUMkelasXIIPA2padamaterilarutanpe-nyanggadenganmetodeinkuiriterbimbingsertahubunganKPSdanhasilbelajar.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganpenelitiandes-kriptifkorelasional.Teknikpengumpulandatadilakukandenganobservasidantes.ObservasidilakukanuntukmengukurkeenamKPSsiswaselamapembe-lajaranmenggunakanlembarobservasi.Tespilihangandadiberikansetelahpembelajaranlarutanpenyanggadanskoryangdiperolehsebagaihasilbelajarsis-wa.KorelasiditentukanberdasarkanCorrelationPearsonmenggunakanSPSS16.Hasilpenelitianmenunjukkanketerampilanprosessainssiswa(KPS)secarakeseluruhanrelatifbaikdenganpersentase7927%meliputi(a)KPSmemprediksisebesar5481%(b)KPSmengobservasisebesar8558%yangmen-cakupsubketerampilanpengamatanpraktikumsebesar9808%gambarionisasizatsebesar8365%dananimasisebesar75%(c)KPSmenganalisissebesar8654%yangmencakupsubketerampilanmencaripersamaansertaperbedaanpa-dahasilpraktikumdangambarionisasizatmasing-masingsebesar9135%dan8173%(d)KPSmengkomunikasikansebesar7284%yangmencakupsubkete-rampilanmengkomunikasikanhasilpraktikumsebesar8750%pemahamanper-geserankesetimbangansebesar7404%pemahamanpengaruhpenambahanionH/OH-terhadapreaksikesetimbangansebesar75%kesenjanganhipotesisdanhasilpercobaansebesar5481%(e)KPSmengkuantifikasikansebesar8413%yangmencakupsubketerampilanmengukurpHlarutansebesar100%danmenghitungpHlarutanpenyanggasebesar6827%(f)KPSmengkomunikasikansebesar8045%yangmencakupsubketerampilanmenyimpulkanhasilpraktikumdanprinsipkerjabuffersebesar8846%dan75%merumuskanKadanKbse-besar8077%pHbufferasetatdanammoniasebesar75%pHlarutanpenyanggasebesar8846%sertamenghubungkanmanfaatbufferdanaplikasibuffersebesar75%.Hasilbelajarsiswarelatifbaikyaitu9231%siswamencapaiketuntasanbelajar.HubungankorelasiyangcukupsignifikanmenunjukkansiswadenganhasilbelajartinggirelatifmemilikiKPSyangtinggidantidaksebaliknya.