Pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa kels XI IPA SMA Negeri 4 Malang pada materi pokok hidrolisis garam / Nikmatur Rohmah

Main Author: Rohmah, Nikmatur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23562/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelpembelajaranLearningCycle5EHasilBelajar.PembelajarankimiadiSMANegeri4Malangumumnyamasihmenggunakanpembelajarankonvensionalsehinggadalamprosespembelajarannyaguruberperansebagaipusatpembelajaran.StandarKetuntasanMininmal(SKM)diSMANegeri4Malangpadamatapelajarankimiaadalah76.BerdasarkanSKMtersebutdapatdiketahuibahwapersentaseketuntasansiswayangmemenuhiSKMadalahkurangdari70%danyangberadadibawahSKMlebihdari30%.OlehkarenaituuntukmeningkatkanpersentaseketuntasansiswayangmemenuhiSKMdiperlukaninovasidankreativitasgurudalammemilihdanmenerapkanmodelpembelajaran.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanadalahmodelpembelajaranLearningCycle5E(LC5E).PemilihanmodelpembelajaraninididasarkanpadakesesuaianmodelpembelajaranLC5Edengankarakteristikmaterihidrolisisgaram.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswayangpembelajarannyamenggunakanmodelpembelajaranLC5Edengansiswayangpembelajarannyamenggunakanmetodekonvensionalpadamaterihidrolisisgaram.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign).PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXIIPASMANegeri4Malangtahunpelajaran2010/2011yangterdiridari5kelasmulaidariXIIPA1sampaiXIIPA5denganrata-ratatiapkelasterdiridari33siswa.PenentuankelassebagaikelaseksperimendankelaskontroldilakukansecaraacaksehinggadiperolehkelasXIIPA1sebagaikelaseksperimendankelasXIIPA4sebagaikelaskontrol.KelaseksperimenpembelajarannyamenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5Edankelaskontrolmenggunakanmetodekonvensional.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenpembelajaran(silabusRPP)daninstrumenpengukuran(teshasilbelajardanlembarobservasi).Analisisdatahasilpenelitiandilakukandengananalisisdeskriptifdananalisisstatistikkuantitatifberupaujihipotesis(ujit)dengansignifikansi945005.AnalisisdatadilakukandenganbantuanprogramSPSS16forWindow.HasilpenelitianmenunjukanbahwahasilbelajarsiswayangpembelajarannyamenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5Elebihtinggidaripadasiswayangpembelajarannyamenggunakanmetodekonvensional.Haliniditunjukkanolehnilairata-ratadanpersentaseketuntasankelasekperimenlebihtinggidibandingdengankelaskontrolyaitu8461dan7575untukkelaseksperimendan7588dan6060untukkelaskontrol.