Pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa kels XI IPA SMA Negeri 4 Malang pada materi pokok hidrolisis garam / Nikmatur Rohmah
Main Author: | Rohmah, Nikmatur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/23562/ |
Daftar Isi:
- KataKunciModelpembelajaranLearningCycle5EHasilBelajar.PembelajarankimiadiSMANegeri4Malangumumnyamasihmenggunakanpembelajarankonvensionalsehinggadalamprosespembelajarannyaguruberperansebagaipusatpembelajaran.StandarKetuntasanMininmal(SKM)diSMANegeri4Malangpadamatapelajarankimiaadalah76.BerdasarkanSKMtersebutdapatdiketahuibahwapersentaseketuntasansiswayangmemenuhiSKMadalahkurangdari70%danyangberadadibawahSKMlebihdari30%.OlehkarenaituuntukmeningkatkanpersentaseketuntasansiswayangmemenuhiSKMdiperlukaninovasidankreativitasgurudalammemilihdanmenerapkanmodelpembelajaran.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanadalahmodelpembelajaranLearningCycle5E(LC5E).PemilihanmodelpembelajaraninididasarkanpadakesesuaianmodelpembelajaranLC5Edengankarakteristikmaterihidrolisisgaram.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswayangpembelajarannyamenggunakanmodelpembelajaranLC5Edengansiswayangpembelajarannyamenggunakanmetodekonvensionalpadamaterihidrolisisgaram.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemu(quasyexperimentaldesign).PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXIIPASMANegeri4Malangtahunpelajaran2010/2011yangterdiridari5kelasmulaidariXIIPA1sampaiXIIPA5denganrata-ratatiapkelasterdiridari33siswa.PenentuankelassebagaikelaseksperimendankelaskontroldilakukansecaraacaksehinggadiperolehkelasXIIPA1sebagaikelaseksperimendankelasXIIPA4sebagaikelaskontrol.KelaseksperimenpembelajarannyamenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5Edankelaskontrolmenggunakanmetodekonvensional.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenpembelajaran(silabusRPP)daninstrumenpengukuran(teshasilbelajardanlembarobservasi).Analisisdatahasilpenelitiandilakukandengananalisisdeskriptifdananalisisstatistikkuantitatifberupaujihipotesis(ujit)dengansignifikansi945005.AnalisisdatadilakukandenganbantuanprogramSPSS16forWindow.HasilpenelitianmenunjukanbahwahasilbelajarsiswayangpembelajarannyamenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5Elebihtinggidaripadasiswayangpembelajarannyamenggunakanmetodekonvensional.Haliniditunjukkanolehnilairata-ratadanpersentaseketuntasankelasekperimenlebihtinggidibandingdengankelaskontrolyaitu8461dan7575untukkelaseksperimendan7588dan6060untukkelaskontrol.