Pengembangan modul pembelajaran kimia SMK kelas XI semester I pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit model learning cycle 5-E sebagai penunjang KTSP / Nurul Ayni

Main Author: Ayni, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23537/
Daftar Isi:
  • KatakunciModulModelLearningCycle5faselarutanelektrolitdannonelektrolitKTSPBorgandGallSeiringperkembanganzamanyangberkembangpesatmenuntutsumberdayamanusiayangberkualitasdanberkompetendibidangnya.PemerintahtelahmelakukanberbagaiupayauntukmeningkatkankualitasSDMdiantaranyapadabidangpendidikandenganmelakukanpenyempurnaankurikulum.KurikulumyangdikembangkanuntuksaatiniadalahKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yangmenekankanpembelajarankonstruktivistik.SalahsatumodelpembelajaranyangberorientasikonstruktivistikadalahLearningCycle5-E(LC5-E).SejauhinibelumadabahanajaruntukmateriLarutanElektrolitdanNonelektrolityangdikembangkanmenggunakanmodelLC5-EuntukSMK.OlehkarenaitupadapenelitianinidikembangkanmodulLarutanElektrolitdanNonelektrolitmodelLearningCycle5-EuntukSMKKelasXISemesterIsebagaiPenunjangKTSP.TujuandaripenelitianadalahuntukmenghasilkankaryamodulLarutanElektrolitdanNonelektrolitmodelLC5-Esertamengujitingkatkesesuaian/kelayakannya.ModuldikembangkandenganmengadaptasidesainBorgGallyangterdiridari10langkahyaitu(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaan(planning)(3)pengembangandraftproduk(4)ujicobalapanganawal(5)revisihasilujicoba(6)ujicobalapangan(7)penyempurnaanprodukhasilujicobalapangan(8)ujipelaksanaanlapangan(9)penyempurnaanprodukakhirdan(10)desiminasidanimplementasi.Namunkarenaketerbatasanwaktuhanyadilakukansampailangkahke-3.Desainvalidasiterdiridariduamacamyaituvalidasisoalujikompetensidanvalidasiisiproduk(moduldilengkapiRPP).Validasisoalujikompetensidiujicobakankesiswadandianalisisvaliditasreliabilitastingkatkesukarandandayabedanya.Soal-soaldengankriteriabaikdimasukkandalammodul.ModulyangtelahlengkapdenganRPPdivalidasiisiolehahli(validator).Intrumenpengumpulandataberupasoalujikompetensidanangketvalidasi.Hasilvalidasidianalisisdenganteknikanalisisnilairata-rata.Hasildaripengembangandiperoleh1)susunanmodulhasilpengembanganterdiridaribeberapakomponenyaitucoverkatapengantarpetunjukpenggunaanmoduldaftarisidaftargambarkompetensidasarindikatorpencapaianhasilbelajarmaterikegiatanbelajarsiswagambar/ilustrasirangkumansoalpendalamankuncijawabanumpanbalikdandaftarpustaka.SusunanRPPterdiridariidentitasmatadiklatstandarkompetensikompetensidasarindikatortujuanpembelajaranmateripokokalokasiwaktumodelpembelajaranmediapembelajaranuraianmaterilangkah-langkahpembelajaransumberbelajaralatdanbahandanpenilaian.2)Hasilanalisisnilairata-rataterhadapvalidasimoduldari4validatordiperolehnilai328dengankriteriapenilaianvalid/baik/layak.iHasilvalidasiRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)yangdikembangkandiperolehnilairata-ratasebesar344dengankriteriavalid/baik/layak.OlehkarenaitudapatdisimpulkanmodulLarutanElektrolitdanNonelektrolityangdilengkapidenganRPPsudahlayakdanbaikuntukdivalidasiempirikdilapangan.