Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bentuk dan gaya antar molekul di kelas XI SMA Negeri 01 Tumpang tahun ajaran 20102011 / Ahmad Suaidi-

Main Author: Suaidi, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/23534/
Daftar Isi:
  • KataKunciHasilBelajarKimiaInkuiriTerbimbingBentukdanGayaAntarMolekulKimiamerupakanmatapelajaranyangmasihdianggapsulitolehsiswakarenamengandungbanyakkonsepabstraksepertimateribentukmolekuldangayaantarmolekul.Salahsatuusahayangdapatdilakukanuntukmeningkatkanpemahamankonsepabstraksiswaadalahdenganmenerapkanmetodeinkuiriterbimbing.Metodeinidapatmenjadikansiswaaktifmelatihsiswaberpikirkritismelatihsiswamelakukankerjailmiahdanmemudahkansiswadalammemperolehkonsep.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbingdengansiswayangdibelajarkandenganpembelajarankonvensionalpadamateripokokbentukdangayaantarmolekuldanmenggambarkanpersepsisiswakelasXISMAN01Tumpangterhadappenerapanmetodetersebut.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudandeskriptif.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXISMANegeri01TumpangdengansampelkelasXIIA-1sebagaikelaseksperimendankelasXIIA-2sebagaikelaskontroltahunajaran2010-2011.Pengambilansampeldilakukandenganteknikpurposivesampling.Kelaseksperimendibelajarkandenganmetodeinkuiriterbimbingsedangkankelaskontroldibelajarkandenganpembelajarankonvensional.InstrumenyangdigunakanberupainstrumenpembelajaranyaitusilabusRPPdanLKSdaninstrumenpengukuranhasilbelajaryaitutestertulisdenganreliabilitas0654yangdivalidasiahliolehduadosenkimiaUniversitasNegeriMalangdansatugurukimiaSMANegeri01Tumpang.Datapenelitianberupadatakemampuanawalhasilbelajardanpersepsisiswa.Analisisdatadilakukandenganuji-tduapihakmenggunakanbantuanprogramSPSS16.0forwindowsdananalisisdeskriptif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwatidakadaperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarakelaseksperimendankelaskontrolberdasarkanhasiluji-tyangdilakukan(t-hitungt-tabel).Faktorpenyebabhipotesisditolakadalahwaktubelajarsiswayangdigunakancukupsingkat(3xpertemuan)sehinggabelummenimbulkanpengaruhyangdapatdiamatidarihasilbelajarsiswadankarakteristikmateribentukdangayaantarmolekulyangbanyakmengandungkonsepabstrak.Persepsisiswaterhadappenerapanmetodeinkuiriterbimbingsangatpositifdilihatdarihasilskorangket100%siswatermasukkriteriasangatpositifdalammenjawabangkettentangpenerapanmetodeinkuiriterbimbing.